Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas hal menarik yaitu Bagaimana belajar SEO Pemula? Bisa kita katakan bahwa SEO merupakan suatu hal yang mudah bila mengetahui ilmunya. Oleh karena itu disini kami akan mencoba membahasnya. Tapi sebelum anda membaca tulisan ini, alangkah baiknya anda menyiapkan catatan untuk mencatat bagian penting agar lebih mudah dalam memahami SEO itu sendiri.

Bagaimana Belajar SEO Pemula ?

Bagaimana Belajar SEO Pemula

Karena topik kali ini mengenai belajar, maka materi yang akan kami sampaikan juga disesuaikan dengan para pembaca agar lebih mudah dipahami. Tapi sebelum kita masuk kedalam pembahasan, alangkah baiknya jika anda mengetahui apa SEO itu sendiri. SEO merupakan sebuah singkatan dari Search Engine Optimization atau dalam bahasa Indonesia Optimasi Mesin Pencari.

Sederhananya SEO adalah segala upaya yang dilakukan untuk bisa membuat website kita tampil dihalaman satu mesin pencari. Tujuan dari SEO sudah sangat jelas, agar web kita bisa mendapatkan trafik maupun dikenal oleh banyak orang.

Alasan Harus Belajar SEO

Ketika anda menginginkan website yang anda miliki berada pada halaman 1 google, maka mau tidak mau anda harus memiliki skill SEO yang kuat. Hal ini dikarenakan sudah banyak website-website yang direkomendasikan oleh google yang ada dihalaman pertama. Saat ini hampir 90% orang di dunia akan mencari suatu informasi melalui google, baik itu dari pencarian mobile maupaun dari pencarian desktop.

Pertanyaannya, Apakah bisa website saya masuk dihalaman 1 google? Kalau bisa bagaimana caranya? Jawabannya hanya satu, yaitu dengan ilmu SEO. Tapi sebelum anda belajar SEO, alangkah baiknya jika anda menyiapkan beberapa senjata seperti dibawah ini.

1. Laptop atau Komputer
2. Wifi atau Koneksi Internet
3. Mentor atau Komunitas yang Bisa Membimbing Anda Belajar SEO

Nah, jika anda sudah memiliki ketiga senjata ini berarti anda sudah siap untuk belajar SEO Pemula. Perlu kita pahami bersama, setidaknya Basic SEO memiliki 3 hal yang harus kita pelajari, 3 hal ini antara lain:

1. Progaming
2. Membuat Konten
3. SEO itu Sendiri

Bisa dibilang kita tidak akan cukup untuk belajar materi SEO saja, kita juga perlu mempelajari ketiga hal diatas, yah walaupun tidak harus kita pahami secara penuh.

Kenapa Harus Memahami Basic SEO?

Karena SEO sendiri mencakup banyak hal. Contohnya SEO Onpage yang berkaitan dengan web development (Progaming) dan Konten yang berkaitan dengan kreatifitas diri sendiri. Dan tidak semua orang memiliki kemampuan untuk mempelajari hal-hal diatas secara bersamaan. Untungnya, saat ini sudah ada banyak tools dan plugin SEO yang bertebaran.

Setidaknya ada 4 tahapan dasar dalam Bagaimana Belajar SEO Pemula agar bisa membuat website anda berada di halaman 1 google. Tahapan-tahapan ini seperti:

– Riset Kata Kunci
– Onpage SEO
– Offpage SEO atau yang lebih dikenal dengan Backlink
– Evaluasi

Masing-masing pembahasan akan kami jelaskan dibawah ini.

1. Riset Kata Kunci

Sebenarnya riset kata kunci ini bukan bagian dari SEO, ia termasuk kedalam membuat konten. Karena didalam seo itu hanya terdapat 2 topi, yaitu Onpage dan Offpage. Tapi para pakar SEO yang memberikan tutorial SEO pasti akkan memasukan Riset kata kunci kedalam artikelnya. Ini bukan tanpa alasan.

Karena tidak semua orang mampu menentukan kata kunci dengan baik dan benar. Oleh karena itu, kita harus belajar riset untuk bisa menentukan kata kunci yang banyak dicari di google. Sehingga nantinya teknik yang sudah kita pelajari bisa diterapkan dan hasilnya tidak sia-sia. Bayangkan anda sudah capek-capek belajar SEO, website sudah nangkring dihalaman 1 google, tapi tidak ada yang mencari kata kunci yang anda tembak. Pastinya akan sia-sia.

2. Onpage SEO

Onpage SEO merupakan salah satu kegiatan SEO yang dilakukan didalam website itu sendiri. Tujuan dengan melakukan Onpage SEO ini adalah agar lebih dikenali oleh mesin pencari ketika sedang mengumpulkan data. Onpage SEO ini sendiri terbagi menjadi 2, yaitu Onpage Website dan Onpage Artikel.

Untuk Onpage Website sendiri mencakup Judul Website, Meta Deskripsi, dan URL. Untuk bisa memunculkan website anda dihalaman 1 google, anda harus mengisi title, dan meta deskripsi dengan kata kunci target. Jika Onpage atau pondasi anda sudah benar maka website anda sudah siap untuk di optimasi.

Kebanyakan para pemula suka melupakan Onpage SEO ini ketika belajar SEO Pemula, padahal ini merupakan pondasi yang penting agar website kita bisa bersaing. Jika Onpage atau pondasinya sudah bermasalah, maka sudah bisa kita pastikan SEO yang lainnya juga akan bermasalah.

Selanjutanya OnPage Artikel, anda harus mengisi judul, deskripsi, dan URL dengan kata kunci. Selain itu artikel yang anda buat harus minimal 400 kata dengan kata kunci didalamnya. Untuk lebih lengkapnya anda bisa baca artikel kami dibawah ini.

Baca Juga: Belajar SEO On Page untuk Pemula

3. Offpage SEO

Offpage SEO ini bisa kita kenal dengan Backlink atau Link Buliding. Ini adalah salah satu hal penting, karena SEO Sendiri ada 2 hal penting menurut saya, yaitu Konten yang baik, dan backlink. Backlink sendiri adalah link yang diberikan oleh website lain yang lebih terkenal.

Coba anda bayangkan ketika anda sedang berjualan rujak, kemudian artis membeli rujak ditempat anda. Artis tersebut melink kalau ingin membeli rujak di tempat anda. Tentunya Usaha rujak anda akan naik. Nah beginilah cara kerja backlink. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa baca artikel kami dibawah ini.

Baca Juga: Belajar SEO Off Page

4. Evaluasi

Bagaimana Belajar SEO Pemula terbaik

Evaluasi ini merupakan hal penting dalam Bagaimana belajar SEO Pemula. Ini bisa anda lakukan ketika anda sudah menerapkan SEO selama berminggu-minggu.

Jika website yang anda kerjakan naik, dan mulai mendapat trafik berarti cara yang anda lakukan sudah benar. Sebaliknya, jika website anda belum naik ranking, maka kemungkinan besar teknik yang anda gunakan kurang benar.

Itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Bagaimana Belajar SEO Pemula. Cara dan tips ini bisa anda terapkan pada website milik anda agar masuk kehalaman 1 google.