Di tengah ketatnya persaingain bisnis online saat ini, anda harus pandai dalam menentukan strategi yang akan di gunakan. Ada banyak strategi yang bisa anda gunakan, mulai dari menggunakan sosial media, marketplace, Hingga SEO. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai Belajar Optimasi SEO.

Belajar Optimasi SEO

Belajar Optimasi SEO

Apa sih sebenarnya SEO Itu? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimization adalah upaya untuk mengoptimasi website agar bisa mendapatkan peringkat teratas di hasil pencarian. Dengan posisi tertinggi di pencarian, anda akan mendapatkan banyak trafik. Tentunya ini sangat penting sekali, entah itu bagi para blogger yang mengandalkan adsense atau para bisnis online.

Bagi para pelaku bisnis online, ranking teratas di hasil pencarian akan memberikan kita banyak leads yang tentunya sangat menguntungkan. Tapi untuk mendapatkan posisi terbaik di halaman google, anda perlu mengikuti peraturan yang sudah di tetapkan oleh mesin pencari. Oleh karena itu anda peru memahami cara kerja SEO, algoritma google, dan indikator SEO itu sendiri.

Cara Kerja SEO

Mesin pencari google menggunakan algoritma untuk menentukan website atau konten mana yang layak berada di hasil pencarian teratas. Anda perlu mengikuti update terbaru algoritma google. Menggunakan strategi algoritma lama saat ini sudah tidak memberikan efek apa pun, salah satunya dengan menulis konten yang kurang dari 300 kata. Strategi ini dulu sangat efektif, tapi saat ini sudah tidak berlaku lagi.

Lalu bagaimana cara optimasi SEO yang benar? Tenang saja, disini kami akan membagikan sebuah tulisan yang akan membahas “Belajar Optimasi SEO”. Tentunya anda harus membacanya hingga habis, dan langsung di praktekan untuk website anda yah. Langsung saja kita simak bersama di bawah ini.

Strategi Optimasi SEO

SEO dibagi menjadi 2 bagian penting, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Anda wajib memainkan kedua strategi ini, terutama jika anda menargetkan kata kunci yang berat. Tapi sebelum kita masuk kedalam pembahasan, kita bahas terlebih dahulu cara riset kata kunci. Ini merupakan langkah awal yang perlu anda ketahui, agar nantinya ketika melakukan optimasi anda tidak salah target.

Bayangkan ketika anda sudah melakukan optimasi dan sudah halaman 1. Tapi tidak ada yang menghubungi sama sekali, maka itu dikarenakan anda salah dalam menargetkan kata kunci. Riset keyword ini akan membantu anda menargetkan kata kunci yang banyak di cari, berapa persaingannya, berapa volumenya dalam sebulan, dsb.

1. Riset Kata Kunci

Belajar Optimasi SEO riset kata kunci

Dalam belajar Optimasi SEO, hal yang paling penting dan tidak bisa dilupakan adalah melakukan riset terlebih dahulu. Setelah kita sudah menentukan kata kunci target, kemudian kita bisa masuk kedalam langkah selanjutnya yaitu SEO On Page dan SEO Off Page.

Dalam melakukan riset kata kunci ini, ada 2 langkah yang bisa anda gunakan yaitu melakukannya secara manual menggunakan Google, atau menggunakan tools seperti Google Suggest.

Perlu kita ketahui bersama, bahwa untuk menargetkan kata kunci anda harus menggunakan minimal 3 kata, dan selalu gunakan Buying Keyword (Jasa, Jual, Distributor, Agen, dll). Ini agar kata kunci semakin spesifik. Jangan pernah menggunakan 2 kata untuk menargetkan keyword, karena itu merupakan kata kunci umum. Tapi jika anda merasa sudah bisa melakukan optimasi, anda bisa menargetkannya.

Untuk melakukan riset dari google suggest, anda bisa langsung tuliskan kata kunci yang ingin anda targetkan. Disana anda akan langsung mendapatkan hasilnya, seperti berapa pencarian per bulannya, siapa kompetitor terkuatnya, dan lainnya.

2. Optimasi SEO On Page

Belajar Optimasi SEO on page

Setelah paham melakukan riset kata kunci dan sudah menentukan kata kunci target yang akan anda optimasi, maka cara selanjutnya adalah dengan SEO On Page. On Page SEO adalah optimasi yang dilakukan dari dalam website itu sendiri. Ini akan mencakup Title, Tagline, Permalink, konten, gambar, outbond link, internal link, dan kecepatan webisite.

Anda akan fokus mengoptimasi website dari dalamnya. Melakukan SEO On Page ini ada 2 cara, yaitu melalui Homepage, atau melalui artikel. Jadi anda pilih terlebih dahulu, mana yang mau di optimasi duluan, tapi saya sangat menyarankan untuk mengoptimasi Homepagenya. Ini agar website menjadi kuat dan mampu bersaing di halaman google ketika anda membuat artikel.

Belajar Optimasi SEO On Page ini jangan pernah dilupakan sedikitpun, dan pastikan anda mempraktekannya di rumah. Langkah yang harus anda lakukan dalam On page SEO ini adalah:

Baca Lebih lengkap di: Belajar SEO On Page

A. Title dan Meta Title

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi Judul atau Title dan meta title pada artikel anda. Alangkah baiknya anda mengisinya dengan kata kunci target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Buatlah judul semenarik mungkin tentunya dengan kata kunci target anda. Title atau judul biasanya akan muncul pada halaman website anda. Sedangkan meta title merupakan judul yang akan ditampilkan pada pencarian google. Oleh karena itu judul dan meta title harus kata kunci dan memiliki daya tarik pembaca.

Jika anda menulis artikel untuk berjualan, maka alangkah baiknya mengisi meta title dengan nomer terlebih dahulu di depan. Ini agar Call to Action semakin kuat, dan artikel yang ada nomer telephonenya akan lebih sering dihubungi.

Baca Juga: Belajar Yoast SEO

B. URL atau Permalink

Agar SEO On Page website anda semakin maksimal, sangat disarankan anda menggunakan URL yang mengandung kata kunci, lebih bagus lagi kalau itu diisi dengan kata kunci target. URL jangan terlalu panjang maupun terlalu pendek, minimal 3 kata. Biasanya para pemain SEO pemula sangat suka membiarkan cara ini, Padahal dalam Belajar Optimasi SEO, ini merupakan hal yang pentinga dan tidak bisa dilupakan.

C. Konten

Konten atau artikel ini biasanya menjadi hambatan utama bagi para pemilik website. Yah, karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat artikel sendiri. Jika anda tidak bisa membuatnya, anda bisa membeli artikel yang banyak dijual oleh penyedia jasa artikel.

Karena tanpa konten website akan sangat sulit masuk ke halaman 1 google, kecuali dengan melakukan iklan. Buatlah artikel yang berkualitas, agar nantinya artikel yang anda buat bisa dengan mudah masuk kehalaman 1 goole.

Konten yang bagus meliputi:

a. Tidak Copy Paste
b. Minimal 300 kata
c. Mengandung Kata Kunci
d. Ada Kata Kunci pada Awal Paragraf dan Akhir Paragraf
e. Membuat Penyelesaian atau Jalan Keluar dari Permasalahan Pengunjung
f. dan Masih Banyak lainnya

3. SEO Off Page

Belajar Optimasi SEO off page

Setelah anda merasa On Page website anda kuat, dan anda ingin menargetkan kata kunci yang lebih tinggi persaingannya, maka satu-satunya cara yang harus anda lakukan adalah dengan Belajar Optimasi SEO Off Page. SEO Off Page ini meliputi Link Building (backlink) dan share sosial media.

Baca Lebih Lengkap di : Belajar SEO Off Page

Ada cara yang bisa anda lakukan dalam Link Building ini seperti:

A. Link Building

Metode ini merupakan metode yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini karena sangat efektif. Anda bisa memberikan link yang tertuju ke website anda dari website lainnya, entah itu web 2.0, website profile, Backlink Comment, dan lainnya.

Intinya kumpulkan sebanyak mungkin untuk membantu menaikan peringkat pada mesin pencari google. Dalam Belajar Optimasi SEO Off Page ini, memperbanyak backlink bukan berarti memberikannya secara sembarangan.

Tapi ingat, gunakan backlink yang berkualitas. Jangan sampai anda memperbanyak backlink tapi sebagian tidak berkualitas, ini akan membuat website anda jatuh dan mungkin hilang dari mesin pencari google. Oleh karena itu backlink sedikit tapi berkualitas itu lebih baik dibanding dengan backlink banyak tidak berkualitas.

Ada beberapa cara untuk menentukan kualitas dari sebuah link untuk backlink, antara lain:

1. Website yang Terpecaya
2. Website Memiliki Pa dan Da Tinggi
3. Link Natural
4. Konteks yang Relevan dengan Website Anda
5. Anchor Text Jelas
6. Spam Score Rendah (0% atau 1%)

Itulah yang bisa anda lakukan ketika Belajar Optimasi SEO. Saya sangat menyarankan untuk segera mempraktikannya, karena SEO itu terdiri dari 80% praktik dan 20% Teori. Jadi untuk mendapatkan rankin pada halaman google, pastikan untuk memperbayak praktik bukan teori.