Ketika anda sedang melakukan kegiatan optimasi website, maka anda akan dihadapkan dengan yang namanya backlink. Dalam SEO ada 2 cara optimasi, yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai Belajar SEO Backlink yang akan membantu website anda masuk kehalaman 1 google.

Belajar SEO Backlink

Belajar SEO Backlink terbaru

Tapi sebelum kita masuk kedalam pembahasan, alangkah baiknya jika kita memahami terlebih dahulu mengenai pengertian Backlink itu sendiri. Backlink merupakan sejenis manipulator internet. Ini berarti anda menautkan sebuah link web anda ke sebuah situs web eksternal yang lainnya. Dengan kata lain, ketika anda berkunjung ke suatu situs, mereka akan mengarahkan anda ke situs lainnya.

Backlink ini sangat penting dan digunakan untuk keperluan SEO dalam mengoptimalkan situs Web dengan cara yang tepat. Backlink ini merupakan bagian terpenting dalam proses SEO. Mereka akan membantu Search engine untuk menjelajah situs anda dan memberikan peringkat dengan benar sesuai dengan kontennya.

Baca Juga: Belajar SEO On Page

Jenis-Jenis Backlink

Setelah anda sudah mengetahui apa itu backlink, maka saatnya anda mengenal berbagai jenis backlink sebelum kita membahas mengenai Belajar SEO Backlink. Kita wajib untuk mengenal beragam jenis backlink mana yang pantas digunakan untuk website milik anda. Tidak semua backlink cocok dengan web yang kita miliki.

Ada berabagai macam backlink yang bisa anda gunakan untuk meningkatkan website anda, mulai dari Web 2.0, link profile, blog comment, media sosial, dan masih banyak lainnya. Ok, langsung saja kita bahas satu persatu dibawah ini.

a. Web 2.0

Web 2.0 ini merupakan sebuah web yang bisa anda masukan link di dalamnya secara gratis. Anda bisa memasukan dan mulai membangu backlink dari web 2.0 ini, dan ini merupakan backlink yang paling bagusn untuk website yang anda miliki. Adapun contoh web 2.0 ini seperti blogger, wordpress, tumblr, dan masih banyak lainnya. Anda bisa mencari web 2.0 di google, dan anda akan mendapatkan banyak sekali web gratisan.

b. Link Profile

Link profile ini merupakan sebuah metode untuk menyisipkan link pada situs profile. Biasanya anda akan mendapatkan link profile pada web otoritas tinggi, seperti wordpress, blogger, linkedin, maupun situs kampus, instansi, atau semacamnya.

c. Blog Comment

Metode blog comment ini adalah anda menambahkan link aktif ketika anda sedang melakukan komen pada suatu situs milik orang lain. Metode ini sekarang kurang begitu efektif dan sudah mulai jarang digunakan. Hal ini bisa membuat anda dikira spam, dan banyak tidak disukai oleh para pemilik website. Belum lagi jika anda berkomentar secara asal-asalan.

d. Media Sosial

Kita tahu sendiri bahwa media sosial merupakan platform terbesar yang bisa anda gunakan untuk backlink. Yah walaupun backlink yang anda dapatkan merupakan nofollow, tapi metode ini masih banyak digunakan. Anda bisa membuat akun media sosial dan menambahkan link website milik anda. Ada beragam media sosial yang digunakan untuk backlink ini, dan yang paling sering digunakan adalah pinterest.

Masing-masing jenis backlink memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Anda bisa menggunakan semuanya, tapi yang paling banyak digunakan saat ini adalah link profile, dan web 2.0.

Setelah kita mengetahui berbagai jenis backlink, maka saatnya kita membahas yang paling utama yaitu belajar SEO Backlink. Anda bisa menerapkan cara ini untuk bisa mendapatkan backlink yang berkualitas untuk website milik anda.

Baca Juga: Cara Belajar SEO Blogger

1. Gunakan Backlink dari Website Otoritas Tinggi

Belajar SEO Backlink

Contohnya, anda merupakan seorang penjual sepatu Bola. Kemudian Evan Dimas dan pemain besar lainnya merekomendasikan toko anda, “Jika ingin beli sepatu, bisa membelinya pada toko anda”. Tentunya pasti toko anda akan menjadi rame dari biasanya. Inilah yang dinamakan backlink dari website yang otoritas tinggi.

Berbeda dengan orang biasa yang merekomendasikan toko anda, mungkin toko anda akan mendapatkan pelanggan, tapi tidak sebanyak ketika evan dimas merekomendasikan toko sepatu milik anda.

Backlink yang berkualitas ketika anda mendapatkan link dari web yang memiliki nilai yang baik dari google. Anda bisa melihatnya melalui tolls Mozbar yang tersedia pada Chrome. Semakin tinggi kualitas backlink yang anda dapatkan, maka semakin baik rank yang didapatkan.

2. Gunakan Anchor Text

Belajar SEO Backlink yang kedua ini adalah dengan menggunakan anchor text ketika melakukan backlink. Ini merupakan salah satu hal yang sering dilupakan oleh para pemula SEO. Padahal inilah yang membuat website anda naik dihalaman google.

Jika anda menargetkan kata kunci pada website anda “Pelatihan Drone untuk Pemetaan” Maka anda wajib menggunakan kata ini sebagai anchor text anda. Anda juga bisa menggunakan kata kunci turunannya sebagai anchor textnya.

Maksud Anchor Text sendiri adalah text yang di blok kemudian diberikan link. Jadi blok kata kunci target, kemudian berikan link website atau artikel anda sesuai dengan kata kunci.

3. Gunakan Backlink DoFollow dan NoFollow

Ada perbedaan antara backlink dofollow dan nofollow. Perbedaannya adalah jika backlink dofollow akan dihitung point oleh google sedangkan nofollow tidak dihitung sama sekali. Tapi tetap anda wajib menggunakan kedua jenis backlink ini, biasanya anda bisa menggunakan 90% dofollow dan 10% nofollow.

4. Jangan Gunakan Backlink Generator atau Sejenisnya

Tools backlink generator ini mampu menghasilkan ribuan backlink dalam waktu sehari saja. Tentunya ini bukan merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan rank pada website milik anda. Web bukannya naik, malah yang ada diblacklist dari mesin pencari. Oleh karena itu jangan sekali-kali menggunakannya.

Ini merupakan cara Belajar SEO Backlink yang paling sering diabaikan oleh para pemula SEO, terutama bagi mereka yang ingin cepat naik rank websitenya.