Mungkin sebagian orang awam tidak mengetahui istilah SEO dan SEM. Tapi bagi anda para pelaku bisnis, pastinya sudah pernah mendengar istilah ini walaupun masih belum terlalu memahami mengenai kedua ini. Untuk itu, disini kami akan menuliskan artikel mengenai Belajar SEO dan SEM yang tentunya akan membantu untuk meningkatkan bisnis kita semuanya.

Belajar SEO dan SEM

Belajar SEO dan SEM

Kedua istilah ini memang sangat sering digunakan secara bergantian, dan tidak pernah sekalipun digunakan secara bersamaan. Kami akan mencoba untuk memberikan pengetahuan dasar mengenai kedua istilah ini. Agar nantinya ketika sudah masuk kedalam tahapan pembelajaran kita bisa dengan mudah untuk memahaminya. Oke, kita mulai dari pengertian kedua istilah ini.

SEO

SEO atau yang Seacrh Engine Optimization merupakan sebuah strategi yang sistematis untuk membuat website yang anda miliki berada di halaman 1 google sesuai dengan kata kunci target. Untuk bermain SEO kita harus memiliki keterampilan dan ketekunan. Selain itu, anda juga memerlukan keterampilan dalam menganalisa, kompetitif, maupun strategi.

Ini semua agar nantinya website mampu bersaing dihalaman 1 google sesuai dengan kata kunci target. Secara teknis, SEO ini membutuhkan setidaknya 3 bulan agar bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Biasanya keyword dengan pencarian rendah akan naik dalam waktu kurang dari 3 bulan, dan keyword berat akan naik dalam waktu lebih dari 3 bulan.

Tujuan utama dari SEO sendiri adalah untuk meningkatkan traffic atau kunjuangan sesaui dengan target keyword. SEO bisa dikatakan berhasil ketika website anda berada dihalaman 1 google, semakin tinggi posisi website maka semakin tinggi pengunjung website anda.

Baca Juga: Belajar Menulis Artikel SEO Friendly

SEM

SEM memiliki kepanjangan Search Engine Marketing. Tujuan dari SEM ini sama dengan SEO yaitu untuk menampilkan website dihalaman 1 google. Para pengguna SEM ini biasanya akan identik dengan penawaran produk, baik itu barang maupun jasa. Mereka biasanya menggunakan iklan untuk menampilkan website jualan mereka dihalaman 1 google.

Jika anda memperhatikan, sangat jarang sekali para pengguna SEM ini untuk mempromisikan sebuah tulisan saja. Yang membedakan keduanya antara SEO dan SEM adalah kalau SEO membutuhkan waktu dan gratis, sementara SEM membutuhkan biaya.

Pembayaran dari SEM sendiri biasanya dengan cara Pay per Click dengan ketentuan berapa waktu mengiklan. Jadi semakin sering web anda di click maka semakin besar biaya yang harus anda bayarkan. Baik SEO dan SEM memiliki tingkat kesuliatan masing-masing.

Setelah kita mengetahui kedua istilah ini, kita sudah bisa melanjutkan Belajar SEO dan SEM lebih jauh lagi.

Manakah yang Lebih Baik Antara SEO dan SEM?

Belajar SEO dan SEM Terbaik

Jika kita berbicara mengenai mana yang lebih baik atau efektif, tentunya kita harus melihat dari tujuan dan konteks anda melakukannya. Jika anda seorang pelaku bisnis online, baik itu barang maupun jasa dan ingin hasil yang cepat, maka anda bisa menggunakan SEM. Tapi jika anda tidak sedang terburu-buru atau mau bersabar agar website anda bisa ada di page one google, maka anda bisa menggunakan SEO.

Pasalnya, jika anda menginginkan website berada di page one dengan SEO anda harus bersabar selama berbulan-bulan dan paling cepat 3 bulan. Berbeda dengan menggunakan SEM yang bisa langsung naik di hari itu juga.

Baca Juga: Belajar SEO Blogger Pemula

Website yang anda miliki bisa dengan mudah turun ketika strategi SEM tidak anda lanjutkan atau tidak membayarnya lagi. Berbeda dengan SEO, yang bisa bertahan berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun. Dalam dunia SEO sendiri ada istilah Jika tidak ada yang naik, maka website tidak akan turun.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Belajar SEO dan SEM. Pada intinya baik itu SEO dan SEM sama-sama bagus, anda bisa memilihnya sesuai dengan tujuan anda.