Belajar SEO bisa dibilang tidak ada hentinya. Hal ini dikarenakan Algoritma Google yang selalu uptdate membuat para pemilik web dan blog wajib update strategi SEO berdasarkan algoritma google terbaru. Memperbaruhi ilmu dan strategi itu sangatlah penting, oleh karena itu disini kami akan mecoba membahas Belajar SEO dari Nol yang Baik dan Benar.

Belajar SEO dari Nol

Belajar SEO dari Nol

Jika anda tidak mau update ilmu SEO, maka siap-siap website anda akan turun bahkan bisa hilang dari pencarian google. Kita bisa lihat sendiri website-website yang tidak mau update strategi SEO terbaru, mereka turun bahkan hilang dari peredaran. Tapi sebelum kita masuk kedalam materi, ada baiknya jika anda mengetahui SEO itu sendiri.

SEO merupakan singkatan dari Search Engine Optimazation yaitu sebuah proses untuk bisa meningkatkan traffic maupun peringkat website anda pada mesin pencari. Pada intinya SEO akan membantu website anda untuk bisa tampil pada halaman google, sehingga akan mudah ditemukan oleh para pengunjung google.

Agar Lebih memudahkan anda dalam belajar, dibawah ini kami sudah membagi beberapa Tips Belajar SEO dari Nol yang baik dan benar, yaitu:

1. Konsep Dasar SEO
2. Riset Kata Kunci
3. Optimasi SEO On Page
4. Optimasi SEO Off Page

1. Konsep Dasar SEO

Sebelum kita masuk dan belajar mengenai cara-cara optimasi SEO, alangkah baiknya jika anda memahami konsep dasarnya terlebih dahulu. Diatas sudah kami jelaskan mengenai SEO itu sendiri disini kita akan membahas konsep dasarnya.

SEO pada dasarnya merupakan sebuah langkah optimasi yang dilakukan oleh para pemilik website agar bisa mendapatkan peringkat tinggi pada hasil pencarian google. Alasan utama para pemilik website mengincar posisi pertama di hasil pencarian google adalah karena orang-orang akan mengabaikan halaman kedua posisi google.

Contohnya saja, ketika anda sedang mencari suatu kata kunci, pasti anda akan meng klick web yang ada pada halaman 1 google. Untuk berpindah pada halaman 2 google itu sangat kecil kemungkinannya. Itulah yang membuat para pemilik website berlomba untuk masuk kehalaman 1 google.

Jadi mau tidak mau, suka tidak suka anda harus menggunakan SEO ini jika website anda ingin dikenal oleh banyak orang dan mendapatkan banyak trafic,

2. Riset Kata Kunci

Setelah anda memahami mengenai SEO sendiri, maka langkah selanjutnya adalah anda belajar melakukan riset keyword atau kata kunci. Riset keyword ini tidak hanya digunakan untuk membuat konten saja, tapi juga tujuan dari website anda loh. Terlebih lagi jika anda seorang bisnis online yang mengandalkan website.

Kesalahan fatal yang sering dilakukan oleh para pemilik blog atau website pemula adalah tidak melakukan riset sebelum membuat konten website. Padahal riset ini sangat berperan dalam pembuatan konten. Bayangkan, anda sudah menulis panjang lebar, kualitas bagus, tapi tidak ada yang membacanya, bahkan tidak ada yang mencarinya. Pasti ada rasa sakit sendiri dalam dada.

Adna bisa melakukan riset kata kunci ini secara manual atau dengan bantuan tools yang sudah disediakan. Ada beberapa website yang sudah menyediakan untuk riset keyword ini, seperti Ubbersuggest, Keywordtool.io, dan masih banyak lainnya.

Belajar SEO dari Nol yang satu ini sering sekali di abaikan, padahal ini merupakan salah satu bagian terpenting sebelum membuat konten website anda.

3. Optimas SEO On Page

Setelah anda sudah mulai bisa melakukan riset keyword dan membuat konte, maka sekarang anda bisa malakukan optimasi SEO On Page. Apa sih sebenarnya SEO On page? SEO On Page merupakan langkah atau cara-cara yang anda lakukan untuk mengoptimasi dari dalam website itu sendiri. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk optimasi on page ini.

Anda bisa mulai mengoptimasi Title, Meta Title, Url/Permalink, Konten, Gambar, Outbond Link, Internal Link, Dan Kecepatan Website. Untuk lebih lengkapnya anda bisa baca artikel dibawah ini.

Baca Juga: Belajar SEO On Page

4. Optimasi SEO Off Page

Sebenarnya Optimasi On Page ini sudah cukup untuk bisa membawa web kita pada halaman 1 google, tapi itu untuk pencarian kata kunci rendah. Jika anda ingin bertarung untuk kata kunci sedang atau berat, maka anda perlu belajar SEO tahap lanjut. Belajar SEO dari Nol yang terakhir adalah melakukan optimasi SEO Off page.

Berbeda denga optimasi SEO On Page, Optimasi Off Page ini dilakukan dari luar website itu sendiri. Salah satunya adalah dengan menanam backlink pada web lain yang menuju pada website kita. Backlink sampai saat ini merupakan hal penting dari SEO, oleh karena itu mempelajari SEO Off Page ini adalah hal penting dari SEO itu sendiri.

Baca Lengkapnya di: Belajar SEO Off Page

5. Pilih Platform Blog SEO

Belajar SEO dari Nol blog wordpress

Tentunya setelah anda sudah mempelajari mengenai SEO itu sendiri, waktunya untuk anda melakukan praktik. Anda bisa melakukan praktik ini dengan 2 platform yang banyak dipakai oleh para pemilik website ataupun blog. Rekomendasi Platform blog yang support akan SEO ini, adalah:

1. Blogger
2. WordPress

Kedua platform ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Tapi disini saya sangat merekomendasikan, terutama jika anda merupakan seorang bisnis online dan ingin memaksimalkan SEO maka wordpress menjadi pilihan yang tepat. Untuk mempelajari kedua platform ini, kami sudah membahasnya dibawah ini.

– Belajar SEO Dasar Blogger
– Belajar SEO Dasar WordPress

6. Daftar pada Google Search Console

Belajar SEO dari Nol selanjutnya adalah dengan mendaftarkannya di Google Search Console. Tools SEO gratis ini akan membantu anda memunculkan website atau blog pada halaman google. Apabila anda ingin mengoptimasi website anda dan memiliki struktur yang sesuai dengan aturan google, maka anda wajib menggunakan ini.

Ada banyak Fitur dari GSC sendiri adalah mengidentifikasi konten yang tidak terindeks, konten duplikat, menganalisa CTR, melihat sumber Backlink, dan masih banyak lainnya.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari Belajar SEO dari Nol ini adalah kita dituntut untuk selalu memperbarui ilmu SEO kita. Perlu kita ingat, bahwa SEO ini membutuhkan 80% praktik dan 20% teori. Jadi perbanyaklah praktik bukan teori yah. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam meningkatkan website pada hasil pencarian google.