Para pemilik website pasti suatu saat nanti akan menyadari bahwa kata kunci dan riset merupakan hal yang sangat penting. Terutama ketika sudah mereka sudah lelah membuat konten, tapi websitnya masih tetap sepi. Oleh karena itu, disini kami akan membantu anda dengan menuliskan artikel mengenai Belajar SEO Keyword yang mungkin membuat website anda bisa banyak pengunjung.

Belajar SEO Keyword

belajar seo keyword terbaik

Salah satu hal penting yang harus anda pelajari sebelum membangun sebuah blog atau website adalah dengan menentukan kata kunci. Ini dilakukan agar nantinya ketika anda optimasi website atau artikel bisa mendapatkan banyak pengunjung.

Riset keyword ini sangatlah penting. Coba anda ingat kembali, apa sebenarnya tujuan anda mempelajari SEO ini? Apakah untuk mendapatkan Pengunjung? atau Meningkatkan Penjualan? Atau ingin mendapatkan Penghasilan dari SEO? Yah, pastinya anda ingin menargetkan semuanya. Dengan banyaknya pengunjung, maka kemungkinan besar anda bisa mendongkrak penjualan dan penghasilan.

Biasanya dari mendapatkan pengunjung, penjualan menjadi meningkat, dan anda akan mendapatkan penghasilan tambahan. Tapi sayang sekali tanpa melakukan riset keyword, semua ini akan mustahil di dapatkan.

Baca Juga: Belajar SEO Digital Marketing

Pengertian Keyword

Ada satu masalah yang sering membuat bingung, terutama teman-teman yang masih awam dalam dunia SEO ini.

Keyword atau kata kunci merupakan kata-kata yang digunakan oleh orang untuk mencari suatu informasi di pencarian Search Engine, seperti Google dan sebagainya. Contohnya ketika anda sedang mencari orang yang bisa kursus SEO di Jogja, kemudian anda mengetikan Kursus SEO Jogja di Google.

Nah, kata “Kursus SEO Jogja” inilah yang kita sebut sebagai kata kunci. Keywor ini biasanya akan direkam oleh pihak Google, kemudian datanya bisa kita lihat dari tools, seperti Keywordtool.io. Disana anda bisa melihat berapa pencarian keyword tersebut, berapa banyak saingannya, dan masih banyak lainnya.

Tujuan Riset Keyword

Tentunya dalam Belajar SEO Keyword pastinya memiliki tujuan tertentu. Tujuan melakuakn riset keyword ini adalah mengetahui kata kunci atau topik apa saja yang di cari orang di Google yang berhubungan dengan website anda.

Ada beberapa hal yang anda dapatkan ketika melakuakan riset keyword ini, seperti:

– Kata kunci apa saja yang berhubungan dengan website, atau bisnis saja.
– Kata kunci apa saja yang banyak dicari untuk mendatangkan visitor maupun calon pemeli di website anda.
– Anda akan tahu perkiraan berapa banyak pengunjung website anda ketika berada di halaman 1.
– Anda bisa mengetahui seberapa berat persaingannya.
– Anda bisa mengetahui siapa saja kompetitornya.
– Dan, anda bisa menentukan kata kunci mana yang menjadi prioritas dari website anda.

Baca Juga: Belajar SEO Jogja

Riset Kata Kunci untuk Bisnis

belajar seo keyword

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk riset kata kunci dalam Belajar SEO Keyword ini, salah satunya dengan menggunakan tools. Tapi sebelum kita masuk kedalam pembahasan riset keyword, kami akan bagikan salah satu Rumus agar cepat menentukan kata kunci. Rumus adalah BK + KK + KT, kami akan menjabarkannya dibawah ini.

BK merupakan singkatan dari kata Buying Keyword. Ini bisa anda gunakan pada depan kata kunci anda, hal ini agar bisa lebih spesifik dalam menentukan kata kunci. Buying Keywor ini contohnya seperti Jasa, Kursus, Jual, Agen, Distributor, Sedia, Layanan, dan masih banyak lainnya. Anda bisa menentukan salah satunya untuk kata kunci anda.

KK merupakan singkatan dari Kata Kunci. Setelah anda sudah menentukan Buying Keyword, maka selanjutnya anda menentukan kata kunci target anda. Ada banyak kata kunci yang bisa anda gunakan, anda bisa menggunakan 1 hingga 3 kata.

KT merupakan singkatan dari Kota Target. Ini berarti anda harus menentukan kota yang ingin anda targetkan. Sebenarnya tidak menggunakan kota target juga tidak mengapa, tapi jika anda berbisnis hanya dalam satu wilayah saja, maka anda bisa menggunakan kota target ini.

Dalam Belajar SEO Keyword ini, rumus BK + KK + KT ini sangat penting dan wajib di gunakan, terutama bagi anda yang masih pemula dalam dunia SEO. Ini dikarenakan dengan menggunakan rumus seperti ini, kemungkinan persaingan menjadi lebih kecil, dan ini membuka peluang kita untuk tembus di halaman 1 Google semakin besar.

Tapi perlu di ingat kembali, ketika anda sudah menentukan BK KK KT anda bisa periksa terlebih dahulu di Google atau tools yang disediakan. Apakah kata kunci itu ada pencarian atau tidak. Jika tidak ada, maka jangan gunakan kata kunci tersebut.

Cara Riset Keyword Manual

Sebelum anda melakukan riset kata kunci manual di belajar SEO Keyword ini, pastikan anda menggunakan Microsoft Edge atau yang lainnya. Langkah selanjutnya anda bisa simak dibawah ini.

1. Setelah anda membuka browser, pastikan untuk menghapus semua history pencarian semuanya. Ini agar nantinya data lebih tepat.

2. Setelah menghapus, anda bisa mengetikan Google.com

3. Masukan kata kunci target, tapi jangan di enter dulu. Misal kami masukan kata kunci “Kursus SEO”. Kata kunci di bagi menjadi dua, kata kunci tanpa spasi dan kata kunci dengan spasi. Jadi setelah anda menulis kursus SEO, anda bisa gunakan spasi dibelakangnya atau tidak.

4. Di situ anda akan diberikan rekomendasi 10 kata kunci. Untuk para pemula SEO, sangat disarankan untuk menggunakan kata kunci paling bawah. Karena itu merupakan kata kunci dengan persaingan yang lebih sedikit.

Mindset ketika melakukan cara ini adalah, ” Kata kunci semakin kebawah maka semakin mudah, dan semakin ke atas maka semakin susah. Itulah yang perlu anda ingat ketika belajar SEO Keyword manual ini. Untuk lebih mudahnya, anda bisa gunakan tools yang sudah di sediakan, seperti google keyword planner, atau google suggest.