Para pemilik website dan blog pastinya sudah tidak asing lagi dengan SEO atau Search Engine Optimization. Jika kita lihat bersama, SEO dibagi menjadi dua untuk mengoptimalkan hasil pencarian yaitu SEO On Page dan SEO Off Page. Berhubung kita sudah menjelaskan mengenai Belajar SEO On Page, maka saatnya kita membahas dan Belajar SEO Off Page.

Belajar SEO Off Page

Belajar SEO Off Page

Kita tahu sendiri bahwa tujuan utama dari SEO sendiri adalah untuk meningkatkan traffic dan page ranking pada mesin pencari google. Pastinya anda ingin website milik anda muncul pada page one google, entah itu di nomer 1 atau nomer 10.

Berhubung kita sudah mengetahui On Page SEO maka saatnya kita masuk kedalam pembelajaran selanjutnya yaitu SEO Off Page. SEO Off Page ini sangat penting bagi website kita, terutama bagi anda yang menargetkan kata kunci pencarian tinggi. On Page yang bagus, ditambah Off Page yang benar, maka website anda bisa berada di halaman 1 google.

Pengertian SEO Off Page

Belajar SEO Off Page adalah optimasi yang dilakukan dari luar website. Jadi anda bisa melakukan optimasi tanpa harus menyentuh website milik anda yang akan di optimasi. Tentunya ini sangat berbeda dari On Page SEO yang mengharuskan kita melakukan optimasi dari dalam website itu sendiri.

Jika On Page SEO berhubungan dengan kata kunci, internal link, outbond link, maka Off Page SEO ini berhubungan dengan link building atau yang lebih dikenal dengan backlink. Ini bertujuan untuk meningkatkan peringkat website pada pencarian google.

Pentingnya SEO Off Page

Pada dasarnya, semua mesin pencari memiliki sebuah bot yang bekerja untuk crawling website. Bot ini akan bergerak dari web ke web melalui link yang sudah tercantum pada setiap halaman atau artikel website tersebut. Dari data yang dikumpulkan oleh bot inilah yang kemudian disusun index dan urutan peringkat website anda.

Robot google biasanya akan datang seminggu sekali pada website anda untuk melakukan crawl. Kemudian bot akan memberikan skor tinggi untuk website yang memiliki referensi link dari website lain (Backlink). Semakin banyak website anda di referensikan oleh website lainnya, maka semakin naik peringkatnya.

Google juga biasa menilai dari domain authority, dan semakin besar DA web, maka kemungkinan besar website muncul di halaman 1 google.

Cara Melakukan Off Page SEO

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melakukan Off Page SEO ini, mulai dari metode lama hingga metode yang baru. Dalam belajar SEO Off Page ini kami akan bagikan metode terbaru dari SEO, agar nantinya anda bisa langsung mempraktikannya.

1. Link Building

Metode ini merupakan metode yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini karena sangat efektif. Anda bisa memberikan link yang tertuju ke website anda dari website lainnya, entah itu web 2.0, website profile, Backlink Comment, dan lainnya. Intinya kumpulkan sebanyak mungkin untuk membantu menaikan peringkat pada mesin pencari google.

Tapi ingat, gunakan backlink yang berkualitas. Jangan sampai anda memperbanyak backlink tapi sebagian tidak berkualitas, ini akan membuat website anda jatuh dan mungkin hilang dari mesin pencari google. Oleh karena itu backlink sedikit tapi berkualitas itu lebih baik dibanding dengan backlink banyak tidak berkualitas.

Ada beberapa cara untuk menentukan kualitas dari sebuah link untuk backlink, antara lain:

1. Website yang Terpecaya
2. Website Memiliki Pa dan Da Tinggi
3. Link Natural
4. Konteks yang Relevan dengan Website Anda
5. Anchor Text Jelas
6. Spam Score Rendah (0% atau 1%)

Lalu bagaimana caranya untuk mendapatkan backlink tersebut? Caranya sangat mudah, tapi untuk bisa mendapatkan natural link, anda bisa membelinya atau anda harus memiliki konten yang sangat bagus. Karena natural link merupakan website anda disukai oleh pemiliki website lain, dan biasanya mereka menautkan sebuah link yang menuju website anda sesuai dengan konten mereka.

Aturan penggunaan backlink ini jangan sampai over, karena biasanya anda akan terkena pinalti google. Anda bisa memasang backlink 1 hari 5 link, agar nantinya anda tidak dianggap spam oleh mesin pencari.

2. Media Sosial

Pastitinya kita memiliki sosial media, entah itu facebook, instagram, whatsapp, dan lainnya. Selain untuk bersosialisasi, anda bisa menggunakan media sosial ini utuk off page SEO. Belajar SEO Off Page ini paling mudah di praktikan, karena anda hanya perlu menshare artikel atau website ke sosial media.

Tapi media sosial biasanya memberikan link No-follow, bukan berarti link ini tidak berharga yah. Dengan share media sosial, anda bisa mendapatkan traffic yang cukup signifikan terlebih jika anda memiliki banyak teman.

Cara Memasang dan Mencari Backlink

Belajar SEO Off Page terbaru

Sebelum kita menutup artikel belajar SEO Off Page ini, saya akan mencoba berbagi cara untuk mencari backlink berkualitas dan cara memasang backlinknya.

Ada beberapa tools yang bisa anda gunakan untuk mencari website yang bisa ditanami backlink yang menuju website anda. Selain itu tools ini juga bermanfaat untuk melihat web yang akan anda tanami link apakah itu berkualitas atau tidak.

1. Moz

Tools ini wajib anda gunakan ketika ingin mencari backlink berkualitas. Anda bisa mendapatkannya secara gratis di chrome. Layanan yang diberikan oleh moz ini bisa terbilang lengkap, karena menawarkan data traffic. Anda juga bisa melihat berapa PA Da dan spam score dari website tersebut.

Ingat semakin tinggi PA DA dan Spam Score 0 atau 1 persen, maka anda bisa langsung memasukan link pada website tersebut yang mengarah pada website anda. Tools ini juga bisa anda gunakan untuk mencontek backlink milik kompetitor anda.

2. Ahrefs

Tools yang satu ini memiliki database backlink yang besar dan akan membantu mengenai website anda dan kompetitor anda. Sayangnya, tools yang satu ini berbayar.

Baca Juga: Cara Belajar SEO Blogger

Cara Memasang Backlink

Setelah anda sudah menemukan website yang akan dipasangi backlink, maka belajar SEO Off Page selanjutnya adalah cara memasangnya. Kebanyakan orang kurang tepat melakukan cara ini, terlebih lagi mereka yang baru terjun kedalam dunia SEO.

Cara memasang backlink sebenarnya cukup mudah. Anda bisa memasangnya dengan anchor text, agar website anda lebih cepat naik. Contohnya, kata kunci target anda misalnya “Belajar SEO Marketing”, maka kata kunci tersebut langsung anda link kan menuju ke artikel website anda.

Kesimpulan

Kesimpulan dari artikel Belajar SEO Off Page ini adalah walaupun backlink menjadi faktor penting dalam SEO, perlu anda ingat ini hanyalah salah satu faktor dari banyak faktor lainnya dalam algoritma google. Intinya selalu update ilmu SEO anda dan jangan lupa untuk selalu praktik untuk menerapkannya.