Belajar SEO merupakan sebuah kebutuhan yang harus dimiliki oleh para pemilik website. SEO sendiri menjadi salah satu strategi yang bisa diterapkan dalam digital marketing untuk meningkatkan ranking website. Ada beragam teknik SEO yang bisa kita terapkan, salah satunya adalah SEO On Page. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba membahas mengenai Belajar SEO On Page untuk pemula yang baik dan benar.

Belajar SEO On Page

Belajar SEO On Page

Website yang berada di halaman pertama, kemungkinan besar mendapatkan traffic yang sangat besar terlebih lagi jika kita menembak kata kunci yang banyak pencariannya. Anda juga bisa mendapatkan customer anda jika anda menjual produk ataupun jasa. Mengetahui teknik SEO dengan baik tentunya akan membantu anda dalam menjalankan bisnis yang menggunakan website yang anda kelola.

Dalam SEO, On Page ini sangatlah penting. Walaupun memiliki peran yang sangat penting, ini tidak akan berarti apapun ketika anda salah dalam memilih keyword target. Oleh karena itu, sebelum anda belajar SEO On Page alangkah baiknya jika anda sudah memahami terlebih dahulu cara riset yang baik dan benar. Karena ini merupakan pondasi yang paling utama sebelum anda melanjutkan belajar SEO On Page.

Baca Juga: Belajar SEO Instagram

Apa itu SEO On Page?

SEO On page merupakan salah satu strategi SEO yang dilakukan pada website itu sendiri untuk mengoptimasi web atau blog yang berguna untuk mesin pencari. Ini akan mempengaruhi peringkat website anda di mesin pencari.

SEO sendiri terdiri dari 2 hal yaitu On Page dan Off Page. Nah, jika On Page website kita sudah salah, maka sebagus apapun backlink kita atau off page yang kita kerjakan tidak akan menghasilkan apapun. Yang ada kita malah menguras tenaga dan hasil yang nihil. Oleh sebab itu, sebelum anda masuk pada Off Page anda harus memperbaik On Page website anda.

Jika On Pagenya sudah bagus, maka artikel atau website anda akan mudah masuk pada halaman 1 google tanpa backlink sekalipun. Oleh karena itu, kuatkan On Page SEOnya dan tambah sedikit backlink yang berkualitas, maka website yang anda miliki akan semakin kuat. Dibawah ini akan coba kami sampaikan beberapa tips Belajar SEO On Page yang bisa anda terapkan pada website anda.

1. Title dan Meta Title

Belajar SEO On Page Title

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengisi Judul atau Title dan meta title pada artikel anda. Alangkah baiknya anda mengisinya dengan kata kunci target yang sudah ditentukan sebelumnya.

Buatlah judul semenarik mungkin tentunya dengan kata kunci target anda. Title atau judul biasanya akan muncul pada halaman website anda. Sedangkan meta title merupakan judul yang akan ditampilkan pada pencarian google. Oleh karena itu judul dan meta title harus kata kunci dan memiliki daya tarik pembaca.

Jika anda menulis artikel untuk berjualan, maka alangkah baiknya mengisi meta title dengan nomer terlebih dahulu di depan. Ini agar Call to Action semakin kuat, dan artikel yang ada nomer telephonenya akan lebih sering dihubungi.

2. URL atau Permalink

Belajar SEO On Page URL

Agar SEO On Page website anda semakin maksimal, sangat disarankan anda menggunakan URL yang mengandung kata kunci, lebih bagus lagi kalau itu diisi dengan kata kunci target. URL jangan terlalu panjang maupun terlalu pendek, minimal 3 kata.

3. Konten

Konten atau artikel ini biasanya menjadi hambatan utama bagi para pemilik website. Yah, karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membuat artikel sendiri. Jika anda tidak bisa membuatnya, anda bisa membeli artikel yang banyak dijual oleh penyedia jasa artikel.

Karena tanpa konten website akan sangat sulit masuk ke halaman 1 google, kecuali dengan melakukan iklan. Buatlah artikel yang berkualitas, agar nantinya artikel yang anda buat bisa dengan mudah masuk kehalaman 1 google.

Konten yang bagus meliputi:

a. Tidak Copy Paste
b. Minimal 300 kata
c. Mengandung Kata Kunci
d. Ada Kata Kunci pada Awal Paragraf dan Akhir Paragraf
e. Membuat Penyelesaian atau Jalan Keluar dari Permasalahan Pengunjung
f. dan Masih Banyak lainnya

4. Gambar

Gambar adalah salah satu hal penting yang tidak bisa kita lupakan ketika sedang belajar SEO On Page. Karena ini akan menambah keunikan dari artikel yang sudah anda buat. Selain itu, gambar yang ada pada website bisa ada di google melalui pencarian gambar. Untuk itu gambar alangkah baiknya tidak mengambil dari google, kalaupun mengambil anda jangan download. Anda bisa melakukan Screen Shoot pada gambar yang akan anda ambil.

Setelah itu, jangan lupa untuk mengkonpressnya agar gambar memiliki ukuran yang kecil dan tidak membuat website lama. Selain itu isikan kata kunci pada gambar dan Alt Text.

5. Outbond Link dan Internal Link

Jangan pernah untuk memasukan internal link dan outbond link. Anda bisa menambahkan link antar artikel yang berguna sebagai navigasi. Agar nantinya pengunjung yang ada pada website anda tidak langsung keluar begitu saja, dan bisa membaca artikel lain yang sudah anda buat.

Untuk outbond link, bisa anda link kan ke website yang memiliki reputasi yang lebih baik, seperti Wikipedia. Ini sangat perlu agar on page kita lebih optimal.

Baca Juga: Belajar SEO dan SEM

6. Kecepatan Website

Belajar SEO On Page web

Hal penting dan suka dilupakan oleh para pemain SEO pemula adalah kecepatan website. Kecepatan website ini akan membantu website anda berada pada peringkat yang lebih baik. Ketika website yang anda miliki memiliki kecepatan yang bagus, maka pengunjung yang datang tidak akan merasa kecewa.

Semakin lama loading website anda, maka calon pengunjung anda akan mengalihkan artikel pada website lainnya. Untuk melihat kecepatan website, anda bisa cek melalui GTMatrix.

Mungkin itu sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Belajar SEO On Page. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda dan peringkat website anda bisa naik. Salam halaman 1.