Mungkin dulu kita pernah beranggapan bahwa SEO hanya bisa digunakan untuk website saja. Tapi tahukah anda, saat ini SEO juga sudah bisa diterapkan pada marketplace seperti Shopee, tokopedia, dan lainnya. Pada kesempatan kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai Belajar SEO Shopee yang tentunya akan membantu meningkatkan penjualan anda.

Belajar SEO Shopee

Belajar SEO Shopee

Sebenarnya antara SEO website dengan SEO Shopee hanya ada sedikit perbedaan saja. Yaitu SEO Shopee merupakan optimasi yang dilakukan pada toko shopee. Tujuannya adalah ketika orang mengetikan kata kunci targe yang kita punya, maka produk kita bisa muncul pada deretan pada atas.

Cara kerjanya sama persis seperti mesin pencari google, yang mana para pengguna harus mengetikan kata kunci target pencarian. Sesuai dengan kata kunci tersebut, maka shopee akan menampilkan sejumlah produk yang dicari oleh para calon pembeli sesuai dengan kata kunci yang ditulis. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak Belajar SEO Shopee dibawah ini.

Baca Juga: Belajar SEO Instagram

1. Keyword atau Kata Kunci

Belajar SEO Shopee kata kunci

Keywor merupakan salah satu hal yang paling penting dalam dunia SEO. Ini juga berlaku pada SEO Shopee. Pada saat ini ketika sedang mencari barang yang dibutuhkan, tentunya calon pembeli akan mencarinya di kolom pencarian aplikasi shopee mereka. Ketika dalam proses mereka akan memasukan kata kunci yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Contohnya ketika kita mengetikan “Sepatu Futsal”, maka yang muncul tidak hanya sepatu futsal saja, bisa jadi yang muncul dari kata kunci sepatu bola, atau sepatu lari. Artinya kata kunci “Sepatu Futsal” ini sudah terbaca oleh system dengan istilah lain yang biasanya orang juga ikut mencarinya. Tidak hanya itu, bisa juga muncul dari kategory atau sub kategory dari keyword tersebut.

Selain anda harus menuliskan keyword yang tepat, anda juga diwajibkan untuk memilih kategoy yang sesuai dengan produk yang akan anda jual. Tentunya ini agar algoritma shopee bisa memberikan rekomendasi kepada calon pembeli ketika sedang mencari produk yang related atau berhubungan secara kategori ataupun nama.

Karena di Shopee kita bersaing dengan toko online lainnya, maka tak jarang kita menemukan produk yang sama sama dijual oleh toko lain. Agar kata kunci target anda bisa berada di halaman atas, perlu menggunakan kata kunci dan ketegori yang tepat ketika mengupload produk. Kadang juga produk yang anda upload bisa masuk kedalam google.

2. Foto Produk yang Menarik

Belajar SEO Shopee foto

Jika anda sudah bermain kata kunci target pada toko shopee anda, maka setalh itu anda harus menggunakan gambar yang bisa menarik para pelanggan anda. Di shopee kita tidak jarang menemukan foto produk yang sama dengan toko lainnya. Kalau produk yang memiliki foto dan harga sama, maka yang manakah yang akan di lirik calon pembeli?

Tentunya jawabannya adalah gambar yang memancing calon pembeli untuk mengklik produk tersebut. Oleh karena itu hindari penggunaan foto produk secara asal-asalan.

Jika anda memiliki gambar yang sama dengan toko lainnya, anda bisa meng edit sedikit dengan menambahkan tulisan promo ataupun bonus.

3. Harga

Belajar SEO Shopee harga

Marketplace merupakan tempat perang harga, terlebih lagi shopee. Ini dikarenakan banyaknya penjual, dan perang hargapun tidak bisa kita hindari. Belajar SEO Shopee yang selanjutnya ini adalah dengan menggunakan harga yang pas.

Jika suatu produk sudah cukup banyak penjualnya, maka mau tidak mau anda harus menggunakan harga yang kompetitif. Maksudnya bukan berarti anda banting harga semurah-murahnya.

Baca Juga: Belajar SEO Pemula

4. Reputasi Toko

Belajar SEO Shopee Reputasi

Reputasi toko atau ratting dan review produk merupakan hal penting ketika anda berjuala di Shopee. Ini dikarenakan memiliki kaitannya dengan penjualan, serta respon penjual. Suka tidak suka, mau tidak mau keputusan konsumen untuk membeli dipengaruhi oleh hal tersebut. Ada beberapa hal mengenai reputasi toko yang mempengaruhi keputusan membeli, seperti dibawah ini.

a. Last Online
b. Balas Chat dan Diskusi Produk dengan Cepat
c. Meminimalisir Retur dan Cancel

Mungkin itulah beberapa hal yang bisa kami sampaikan mengenai Belajar SEO Shopee yang harus anda ikuti. Semoga apa yang kami berikan ini bisa membuat toko online anda di Shopee bisa semakin banyak pengunjung.