Siapa sih disini yang tidak tahu marketplace terkenal seperti Tokopedia? Pastinya semua tahukan. Hingga saat ini ia menjadi salah satu toko favorit untuk para pemilik toko online. Tokopedia ini di huni oleh ribuan seller serta jutaan jumlah produk yang setiap hari bertambah. Oleh karena itu, disini kami akan membahas mengenai Belajar SEO Tokopedia yang bisa langsung anda terapkan.

Belajar SEO Tokopedia

belajar seo tokopedia terbaru

Dengan melihat persaingan yang sangat ketat, tentunya setiap pemilik toko harus memutar otaknya agar bisa bertahan dalam persaingan. Sebenarnya ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk bisa tetap eksis di Tokopedia. Yaitu dengan cara mengiklan di Tokopedia dan cara lainnya dengan SEO.

Yah benar, SEO tidak hanya bisa kita terapkan pada blog dan website saja. SEO bisa di terapkan pada berbagai marketplace seperti Shopee dan pastinya juga Tokopedia. Tapi ingat, SEO dalam tokopedia ini lingkupnya masih terbatas. Maksud terbatas ini adalah untuk mengoptimalkan produk agar memiliki performa terbaik dalam pencarian aplikasi maupun marketplace.

Baca Juga: Belajar SEO Shopee

Tips Produk agar Muncul di Pencarian Teratas

belajar seo tokopedia

Karena tingkat persaingan yang begitu ketat, tentunya bukanlah hal yang mudah agar produk kita bisa muncul di peringkat teratas Tokopedia. Anda tidak akan bisa menghindari ribuan produk yang sama persis dengan yang anda jual. Satu hal yang perlu anda ketahui adalah buatlah produk anda berbeda dan membuat orang lain membelinya.

Mungkin tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita simak bersama dibawah ini. Anda bisa langsung menyimaknya dan langsung anda terapkan pada toko online tokopedia anda.

1. Jadikan Produk Anda Termurah

Tokopedia merupakan salah satu tempat untuk mencari barang yang memiliki harga termurah dibanding marketplace lainnya. Untuk itu, jangan pernah anda remehkan harga. Karena faktanya orang-orang lebih menyukai produk yang memiliki harga murah. Tidak peduli berapa pun itu selisihnya, harga murah merupakan magnet tersendiri.

Ada trik yang bisa anda gunakan dalam membuat harga barang anda. Ketika anda melakukan riset dan menemukan harga termurah misalnya Rp 75.000. Maka untuk mendapatkan posisi teratas dalam pencarian harga termurah, anda bisa mengurangi harga jual anda.

Tidak perlu banyak-banyak, anda cukup menguranginya Rp 100 saja, jadi anda bisa menggunakan Rp 74.900. Ini akan memberikan efek dalam pencarian produk anda.

2. Gunakan Foto yang Menarik

Untuk penjualan produk yang mainstream, seperti hijab, baju, smarthphone atau produk lainnya memiliki foto yang sama adalah hal yang biasa. Biasanya calon pembeli akan melihat foto yang mencolok, untuk itu anda bisa melakukan editing dengan menambahi embel-embel bonus atau potongan harga.

Contohnya anda menjual hijab, mungkin anda bisa tambahkan kata bonus atau diskon berapa persen pada gambarnya. Dengan foto yang mencolok, maka calon pembeli akan lari ke produk milik anda.

3. Judul

Judul merupakan hal yang tidak boleh anda lupakan pada belajar SEO Tokopedia. Ini merupakan hal pendukung SEO yang sangat manjur. Pastikan anda memasukan kata kunci, contohnya anda menjual Sepatu Futsal. Anda bisa menulis “Sepatu Futsal Specs Metasala Original”. Anda juga bisa gunakan kata lain seperti garansi resmi, murah, high quality, atau lainnya.

Tapi perlu anda ingat, jangan sampai anda membohongi pembeli anda dengan menulis kata yang tidak sesuai dengan keadaan barang.

4. Optimalkan Produk dengan Promosi

Hal terakhir yang perlu anda gunakan untuk menunjang Belajar SEO Tokopedia anda adalah menggunakan Promosi yang disediakan tokopedia. Tapi ingat, pastikan anda menggunakan ke tiga cara di atas untuk lebih mengoptimalkan toko online anda.