Pada Kesempatan kali ini kami akan mencoba membahas mengenai Belajar SEO WordPress, yang mana ini ditujukan untuk jenis blog wordpress self hosting atau wordpress berbayar. Materi yang akan kami berikan ini 100% gratis. Bisa kami katakan blog berbasis wordpress ini sangat cocok untuk optimasi konten web bisnis, blogger, publisher adsense dan lainnya.

Belajar SEO WordPress

Caranya bisa tergolong mudah, karena kita terbantu dengan fasilitas dan fitur pendukung yang sudah disediakan melalui plugin yang bisa didapatkan secara gratis. Tapi sebelum anda belajar lebih lanjut mengenai wordpress, alangkah baiknya anda menyiapkan beberapa hal sebagai berikut ini:

1. Sudah Memiliki Hosting dan Nama Domain
2. Sudah Memiliki Security SSl pada Domain
3. Sudah Menginstal WordPress untuk Website
4. Harus Menggunakan Thema WordPress yang Mobile Frindly, dan Fast Loading

Jika anda sudah memiliki semua yang kami sebutkan diatas, berarti anda sudah siap untuk mengikuti pembelajaran mengenai SEO WordPress ini. Sebenarnya ada banyak trik yang bisa membuat website kita naik, salah satunya dengan menggunakan media wordpress ini.

Platform wordpress ini sudah banyak digunakan oleh para pelaku bisnis di dunia untuk berjualan jasa maupun produk. Hal ini dikarenakan fitur yang mudah dipahami serta disediakan plugin gratisan yang akan membantu kita menaikan website. Salah satu plugin yang membantu kita ini adalah Yoast SEO yang mana ia akan mengatur keyword pada title, deskripsi, tagline, maupun artikel.

Baca Juga: Belajar SEO Blogger

Dibawah ini kami akan mecoba memberikan beberapa tips Belajar SEO WordPress yang bisa anda ikuti. Bagi anda para pemula juga bisa ikut belajar yah, karena ini juga merupakan dasar SEO yang harus diterapkan.

1. Instal Plugin SEO WordPress (Yoast SEO)

Belajar SEO WordPress yoast

Hal paling utama dan penting setelah menginstal thema adalah menginstal plugin Yoast SEO. Sebenarnya anda juga bisa menggunakan plugin yang sama seperti All in One SEO Pack tapi kami lebih rekomendasikan Yoas SEO karena sangat mudah dipelajari.

Bagi anda para pemula, anda bisa menginstal plugin yang satu ini, karena tampilan dari Yoast lebih simpel dan anda akan dengan mudah mempelajarinya.

2. Isi Title dan Tagline Anda di Setting

Belajar SEO WordPress title

Setelah anda menginstal plugin, maka belajar seo wordpress selanjutnya yang harus anda lakukan adalah dengan mengisi kata kunci pada Title dan Tagline anda. Dalam WordPress sendiri, anda bisa melakukan 3 optimasi SEO yaitu artikel, homepage, dan kategorinya.

Jika anda ingin mengoptimasi homepagenya, maka anda harus terlebih dahulu mengisi Title dan Tagline yang terdapat di menu Setting. Untuk title anda bisa masukan kata kunci, jika website yang anda miliki ditujukan untuk berjualan, maka alangkah baiknya mengisi nomer telephone di depan kemudian disusul dengan kata kunci target.

Kami sendiri menargetkan kata kunci “Kursus SEO dan Pelatihan SEO”, maka kami memasukannya seperti itu. Sementara untuk taglinenya, anda bisa mengisikan kata kunci turunan, atau anda juga bisa mengisi mengenai penjelasan bahwa anda sedang berjualan produk anda. Contohnya kami memasukan “Tempat Kursus SEO dan Imacros Terbaik di Indonesia”.

Perlu diingat, untuk penulisan di title alangkah baiknya menggunakan huruf kapital disetiap awalan kata.

3. Mengoptimalkan Permalink

Belajar SEO WordPress link

Pada umumnya wordpress akan menghasilkan permalink yang banyak dan cukup panjang. Setidaknya ada 6 pilihan, mulai dari biasa, tanggal dan nama, bulan dan nama, numerik, nama tulisan, hingga struktur tersuai. Anda bisa memilihnya sesuka diri anda, tapi untuk SEO sendiri anda wajib menggunakan Nama Tulisan atau bisa juga Struktur Tersuai. Salah satu contohnya adalah

http://seounited.id/2019/01/22/judul-postingan.html

Caranya cukup mudah, anda bisa masuk ke pengaturan kemudian masuk pada permalink. Setelah itu anda bisa memilih kedua pilihan ke 5 atau 6. Perbedaan dari keduanya adalah kalau nama tulisan, ketika anda membuat artikel maka otomatis permalink akan mengikuti judul yang anda buat. Sedangkan dengan menggunakan struktur tersuai anda akan membuat membuatnya secara manual.

Jangan pernah melupakan cara belajar seo wordpress yang satu ini, karena ini bisa mengangkat website anda ke halaman 1 google. Alangkah baiknya anda menggunakan permalink yang mengandung kata kunci target seperti dibawah ini.

http://seounited.id/judul-postingan.html

4. Riset Kata Kunci

Seperti yang sudah kami sampaikan, konten adalah raja. Tanpa konten website anda akan susah muncul dihalaman pertama. Anda bisa mengoptimalkan riset kata kunci ini untuk mencari keyword-keyword yang akan anda tembak.

Anda bisa melakukannya dengan 2 cara, yaitu dengan menggunakan cara manual atau bisa dengan cara menggunakan tools seperti kwfinder.com, Disana anda bisa melihat tingkat persaingan dari kata kunci yang anda targetkan. Tidak hanya itu, anda juga bisa melihat berapa banyak pencarian dalam sebulan.

5. Membuat Artikel dan Masukan Kata Kunci

Ketika anda sudah menemukan beragam kata kunci target, maka selanjutnya anda bisa langsung membuat artikel. Jangan lupa untuk selalu memasukan kata kunci target dalam setiap artikel. Biasanya kami menggunakan 3 kata kunci untuk setiap 300 hingga 400 katanya. Ini akan membantu google dalam membaca kata kunci target.

6. Masukan Site Title

Belajar SEO WordPress site title

Setelah anda sudah membuat artikel, maka langkah belajar seo wordpress selanjutnya adalah dengan memasukan site title didalam yoast. Anda bisa mengisi title tersebut dengan kata kunci target, contohnya kami memasukan keyword “Belajar SEO WordPress”. Anda bisa menambahkan maksimal 75 karakter dan jangan sampai lebih yah.

Selain memasukan kata kunci dalam title, judul juga akan berpengaruh pada click through rate. Jadi alangkah baiknya untuk membuatnya semenarik mungkin yah.

7. Masukan Deskripsi

Belajar SEO WordPress site title

Tentunya setelah memasukan title, anda juga wajib memasukan deskripsi artikel yang ada dibawahnya. Ada dua cara untuk memasukan deskripsi yaitu dengan memasukan kata kunci turunan yang berupa koma spasi kata kunci target, atau anda menggunakan sebuah kalimat yang menjelaskan sedikit mengenai artikel anda.

Kedua cara ini tidak ada yang salah, dan semuanya benar. Tinggal anda saja ingin menggunakan yang mana.

8. Gunakan Header (H1, H2, dan H3)

Belajar SEO WordPress heading

Pada umumnya google akan merayapi sebuah artikel dengan header mulai dari H1, H2, H3, dan seterusnya. Biasanya untuk judul artikel akan secara otomatis menggunakan H1.

Belajar SEO WordPress yang ini juga jangan pernah terlupakan, karena ini juga akan memudahkan para visitor anda membaca artikel yang anda buat. Kami biasanya menggunakan H2 untuk kata kunci target.

9. Masukan Gambar dan Kata Kunci

Jangan lupa untuk selalu menambahkan gambar yang ada pada artikel anda. Karena gambar akan sangat membantu para pembaca agar tidak cepat bosan. Tips ketika memasukan gambar adalah dengan menggunakan kata kunci target anda, agar nantinya gambar juga bisa muncul di pencarian gambar google.

Caranya sangat mudah, anda bisa langsung memasukan kata kunci pada Title dan Alt Text. Akan saya contohkan seperti gambar dibawah ini.

10. Menambahkan Inbound Link dan Internal Link

Salah satu pondasi website yang tidak bisa kita lupakan adalah dengan memasukan internal link yang ada pada web anda. Alasan utama menggunakan ini adalah agar bounce rate menjadi kecil, dan orang yang berkunjung di web anda akan betah berlama-lama. Ini dikarenakan banyakanya artikel yang ada pada web anda.

Baca Juga: Bagaimana Belajar SEO Pemula?

11. Masukan Kata Kunci di Awal dan Akhir Paragraf

Belajaar SEO wordpress yang ini mungkin masih terbilang jarang diketahui. Padahal ini akan membantu artikel muncul dihalaman pertama google. Setiap membuat artikel, pastikan anda menambahkan kata kunci target pada awal dan akhir paragraf. Yoast seo sendir juga sudah merekomendasikan untuk memasukan kata kunci di awal paragraf.

12. Daftarkan ke Google

Belajar SEO WordPress GSC

Setelah urusan website selesai semuanya, dan sudah anda praktekan maka kemudian anda harus mendaftarkannya di Google. Caranya sangat mudah, anda bisa langsung mengunjungi Google Search Console dan mendaftarkannya.

Untuk cara mudahnya anda bisa masuk ke menu sitemap dan memasukan kode sitemap.xml kemudia lakukan refresh. Biasanya untuk para pemula, mereka suka lupa dengan cara ini. Yah karena biasanya cara ini jarang dibahas di belajar SEO WordPress, dan ini masuk kedalam materi dasar.

13. Backlink

Jika anda menginginkan website muncul dihalaman 1 google, maka cara terkahir yang harus anda coba dan lakukan adalah dengan melakukan backlink. Setelah pondasi website anda sudah bagus, kaidah yoast seo sudah diterapkan maka anda bisa melakukan backlink untuk website anda.

Anda bisa menunggunya hasilnya, web akan naik secara perlahan ke page one.

Kesimpulan

Untuk meningkatkan SEO WordPress, anda bisa melakukan berbagam cara. Nah mungkin inilah yang bisa kami sampaikan mengenai Belajar SEO WordPress, semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Jangan lupa untuk mengaplikasikannya dengan baik dan benar yah.