Tidak jauh berbeda dengan Google, di Youtube anda juga wajib memenangkan persaingan di hasil pencarian vidio youtube. Lalu bagaimana caranya untuk memunculkan vidio di hasil pencarian? Tengan saja, disini kami sudah menuliskan artikel mengenai Belajar SEO Youtube untuk Pemula yaang bisa anda Terapkan di Channel anda.

Belajar SEO Youtube untuk Pemula

Belajar SEO Youtube untuk Pemula

Dengan kita menerapkan SEO Youtube secara tepat, tentunya ini akan membantu memenangkan persaingan di Youtube dan mendapatkan banyak viewers. Nah, jika anda seorang yang baru saja terjun di dunia Youtube dan ingin mendapatkan penonton yang banyak, mungkin anda perlu menyimak tips kami kali ini.

1. Tentukan Kata Kunci Vidio

Langkah pertama yang perlu anda terapkan dalam chennel youtube anda adalah menentukan kata kunci terlebih dahulu. Keyword pada vidio akan sangat berpengaruh pada peringkat vidio di hasil pencarian. Anda harus mampu mencari kata kunci yang bisa membuat vidio anda muncul pada peringkat atas hasil pencarian Google maupun Youtube.

Sama seperti website, anda bisa menggunakan kata kunci dengan karapatan tertentu. Seperti dari kata kunci utama, kata kunci turunan, hingga sinonim atau LSI nya. Tapi sebelum menerapkan itu, alangkah baiknya anda harus pikirkan dahulu tema yang anda kuasai. Mislanya saja seperti tema otomotif, anda bisa menggunakan kata kunci seperti mobil, motor, review, dan uji coba.

Belajar SEO Youtube untuk Pemula yang pertama ini sangatlah penting untuk membantu menaikan vidio anda. Anda bisa menggunakan alat bantu seperti Google Trends untuk melihat jenis kata kunci yang akan anda bidik dan frasa turunannya. Dengan tools ini, anda akan di bantu dengan di perlihatkannya seberapa banyak atau kuat persaingannya.

2. Buat Vidio yang Bagus

Tentunya untuk membuat vidio youtube tidak boleh asal-asalan. Jika memang anda berniat untuk mencari penghasilan dari Youtube, maka anda wajib untuk memiliki vidio yang berkualitas. Perlu kita ketahui bersama, bahwa algoritma youtube sangat rumit dan sangat sering berubah.

Dalam Youtube, vidio yang memiliki peringkat teratas adalah vidio yang di anggap paling sesuai dengan kata kunci atau sangat relevan. Sebelum anda menerapkan itu semua, alangkah baiknya anda perlu mengentahui vidio seperti apa yang sangat di sukai youtube. Kami akan coba rangkum dibawah ini.

– Kualitas Editing
– Original Vidio
– Perhatikan Durasi
– Gunakan Thumbnail yang Menarik
– Pertimbangkan Selera Penonton

Dalam menerapkan Belajar SEO Youtube untuk Pemula, anda harus memperbanyak subcriber yang anda miliki. Semakin banyak subcriber anda, maka semakin besar juga peluan akan muncul di pencarian pertama Youtube. Selain anda mengola vidio, pastikan juga untuk perhatikan para penonton anda, seperti membaca dan membalas comment. Ini akan membuat mereka lebih loyal dan kembali untuk vidio terbaru anda.

3. Upload Vidio dengan Teknik SEO

Agarl lebih bekerja, maka anda bisa langsung menerapkannya. Ketika anda sudah memiliki beragam kata kunci, dan vidio yang terbaik, maka saatnya untuk menerapkannya ketika upload. Anda bisa mencontohnya seperti gambar dibawah ini.

Judul Vidio

Pastikan anda mengisi judul vidio tidak lebih dengan 5 kata, karena jika melebihi 5 kata judul akan terlalu panjang dan terpotong pada pencarian Google. Jangan lupa untuk memasukan kata kunci utama anda pada judul dan pastikan tambahkan kata yang akan menarik perhatian orang.

Deskripsi Vidio

Anda juga harus mengisi deskripsi vidio dan kalau bisa memanfaatkannya sebaik mungkin. Perlu anda ketahui, Google tidak akan mengindeks sebuah vidio, tapi tulisan. Jadi ini merupakan kesempatan anda untuk membuat vidio youtube anda masuk ke halaman 1 Google.

Anda bisa memasukan kata kunci pada awal paragraf. Pastikan untuk menulis setidaknnya 200 hingga 300 kata. Dan tidak kalah penting untuk memasukan kembali kata kunci pada tengah dan akhir paragraf.

4. Evaluasi Vidio Youtube

Belajar SEO Youtube untuk Pemula terbaru

Setelah anda menerapkan ke 3 Belajar SEO Youtube untuk Pemula langkah di atas, maka ada satu hal lagi yang tidak bisa anda tinggalkan, yaitu evaluasi. Anda wajib mengavaluasi semua vido yang sudah anda rilis.

Untuk melakukan analisa, anda bisa langsung masuk ke Studio Youtube anda, lalu kemudia di bagian kiri ada Analytics. Disana anda akan mendapati data mengenai semua vidio anda. Mulai dari Jumlah View, Waktu tonton, Jumlah Subcriber, jangkauan vidio, hingga engagement vidio anda.

Baca Juga: Belajar Strategi SEO

Dengan menganalisis setiap vidio, anda akan mengetahui apa saja yang perlu di tingkatkan dalam pembuatan vidio berikutnya.

Info Penting

Selain menerapkan cara di atas, anda juga wajib mengupload vido sesering mungkin. Karena Youtube memiliki algoritma dimana channel yang suka uplpad vidio youtube, maka vidionya akan cepat terkenal dibanding dengan channel yang jarang upload.

Mungkin itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Belajar SEO Youtube untuk Pemula. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda dan tentunya membuat anda lebih bersemangat untuk membuat vidio-vidio menarik lainnya.