Mendapatkan peringkat atas pada hasil pencarian google adalah tujuan utama semua para pemilik website dan blog. Semakin tinggi peringkat yang di dapat oleh website, maka semakin banyak juga traffic yang didapatkan. Tapi untuk meraih itu semua membutuhkan sebuah teknik dan perjuangan. Dibawah ini kami akan membahas mengenai Belajar Teknik SEO yang bisa anda terapkan pada website milik anda.

Belajar Teknik SEO

Belajar Teknik SEO

Bagi anda para pelaku bisnis, SEO ini merupakan salah satu faktor yang bisa mendatangkan pelanggan. Semakin tinggi pengunjung website toko anda, maka semakin besar juga peluang untuk cloasing yang didapatkan. Untuk para blogger, traffic tentunya sangat penting, karena ini menjadi sumber adsense atau bahkan endorse.

Teknik SEO ternyata tidak bisa dicapai dengan hanya menulis konten-konten berkualitas tanpa adanya optimasi. Hal ini dikarenakan website tidak bisa naik dengan sendirinya. Untuk mencapai halaman 1 google, anda membutuhkan berbagai teknik SEO yang efektif agar website bisa perlahan naik.

Artikel ini akan membahas mengenai bagaimana belajar Teknik SEO dan cara menerapkannya berdasarkan algoritma google terbaru. Perlu anda ketahui bahwasanya teknik SEO selalu berubah dan mengikuti algoritma terbaru. Jika 5 tahun lalu artikel dengan 300 kata bisa menduduki peringkat atas google, maka teknik seperti itu saat ini sudah tidak berlaku lagi.

Baca Juga: Belajar SEO Praktis

Mungkin tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak beberapa Teknik SEO terbaru untuk meningkatkan peringkat dan pengunjung website anda.

1. Gunakan Plugin Yoast SEO

Belajar Teknik SEO yoast

Bagi anda pengguna wordpress, maka plugin yang wajib anda instal adalah Yoast SEO. Ini merupakan langkah yang sangat bagus untuk membantu anda mengoptimasi website dan artikel miliki anda. Yoast SEO ini menyediakan berbagai fitur yang membantu anda untuk meningkatkan SEO web. Anda bisa mendapatkannya secara gratis, dan jika anda ingin lebih bagus lagi anda bisa membeli lisensinya.

Ada beragam fitur dalam Yoast ini, salah satunya adalah mengubah title tag, dan meta description, sitemap, mengubah permalink, verifikasi google webmaster, dan membantu menganalisa konten anda.

Bisa kami katakan menganalisa konten ini merupakan fitur yang menarik dari yoast. Anda akan di ingatkan jika konten anda belum sesuai kaidah SEO, contohnya seperti tidak menaruh kata kunci di awal paragraf, over kata kunci, dan masih banyak lainnya.

2. Daftarkan di Google Search Console

Belajar Teknik SEO GSC

Tentunya jika anda menginginkan website muncul di google, maka satu-satunya cara adalah dengan mendaftarkannya pada Google Search Console. GSC merupakan sebuah platform gratis untuk para pemilik web maupun blog untuk memonitori kinerja dari website mereka secara organik. Dengan mendaftarkannya ke GSC, anda bisa melihat backlink yang tertanam pada blog maupun website.

Cara mendaftarkannya juga sangat mudah, anda hanya perlu membuka Google Search Console dan lagin dengan akun Google. Setelah itu tinggal mendaftarkannya. Ini merupakan salah satu Belajar Teknik SEO terpenting yang harus anda lakukan.

3. Riset Kata Kunci

Hal pertama yang perlu anda lakukan adalah riset kata kunci terlebih dahulu. Pastikan anda mencari keyword-keyword yang dicari oleh orang dan kemudian anda bisa langsung membuat kontennya. Riset kata kunci bisa anda lakukan dengan 2 cara, yaitu secara manual dan dengan menggunakan tools gratisan.

Bagi anda yang ingin menggunakan tools gratisan, anda bisa menggunakan Keywordtool.io, Disana anda akan dimudahkan ketika mencari kata kunci. Disana anda bisa melihat persaingan kata kunci target dan berapa pencariannya dalam sebulan.

4. Tergetkan Long Tail Keyword

Belajar Teknik SEO selanjutnya yang harus anda terapkan adalah dengan menargetkan long tail keyword. Bagi anda para pemula alangkah baiknya jika menargetkan kata kunci panjang, yaitu sekitar 4 hingga 6 kata. Alasan utamanya adalah agar anda lebih termotivasi dalam melakukan optimasi.

Setelah anda bisa masuk di halaman 1 google dengan kata kunci panjang, maka anda bisa mulai menggunakan kata kunci sedang.

Hal yang harus selalu anda ingat adalah semakin panjang kata kunci maka semakin kecil persaingannya. Dan semakin pendek kata kunci maka semakin banyak persaingannya. Untuk itu targetkan kata kunci panjang kemudian setelah itu gunakan kata kunci pendek.

4. Konten yang Menarik

Bisa kami katakan bahwa saat ini konten adalah raja. Tanpa konten website kita akan sulit ditemukan oleh google. Buatlah konten website sebaik dan semenarik mungkin, karena mesin pencari google akan memberikan apa yang dibutuhkan oleh pencari. Yang mana mereka akan memberikan situs dengan konten yang memberikan solusi terhadap masalah yang dicari.

Pastikan kualitas konten yang anda tulis juga mudah untuk dimengerti, agar nantinya para pembaca akan menshare di media sosial artikel yang sudah anda tuliskan. Untuk lebih lengkapnya, anda bisa membaca artikel dibawah ini.

Baca Juga: Belajar Menulis Artikel SEO Friendly

5. Optimasi Gambar

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam belajar Teknik SEO adalah dengan melakukan optimasi pada gambar. Menambahkan gambar pada konten website atau blog merupakan salah satu langkah yang bagus. Ini agar para pengunjung tidak mudah bosan dengan tulisan saja, selain itu gambar juga akan membantu para pengunjung memahami konten yang anda tulis.

Tapi, tujuan utama dari optimasi gambar adalah agar website milik anda tidak menjadi lelet. Untuk mengoptimasinya anda bisa menggunakan tinny JPG, atau dengan aplikasi Caesium.

6. Optimas SEO On Page

Setelah anda sudah mulai bisa melakukan riset keyword dan membuat konten, maka Belajar Teknik SEO setelah itu adalah optimasi SEO On Page. Apa sih sebenarnya SEO On page? SEO On Page merupakan langkah atau cara-cara yang anda lakukan untuk mengoptimasi dari dalam website itu sendiri. Ada banyak sekali cara yang bisa anda lakukan untuk optimasi on page ini.

Anda bisa mulai mengoptimasi Title, Meta Title, Url/Permalink, Konten, Gambar, Outbond Link, Internal Link, Dan Kecepatan Website. Untuk lebih lengkapnya anda bisa baca artikel dibawah ini.

Baca Juga: Belajar SEO On Page

7. Optimasi SEO Off Page

Sebenarnya Optimasi On Page ini sudah cukup untuk bisa membawa web kita pada halaman 1 google, tapi itu untuk pencarian kata kunci rendah. Jika anda ingin bertarung untuk kata kunci sedang atau berat, maka anda perlu belajar SEO tahap lanjut. Belajar Teknis SEO yang terakhir adalah melakukan optimasi SEO Off page.

Berbeda denga optimasi SEO On Page, Optimasi Off Page ini dilakukan dari luar website itu sendiri. Salah satunya adalah dengan menanam backlink pada web lain yang menuju pada website kita. Backlink sampai saat ini merupakan hal penting dari SEO, oleh karena itu mempelajari SEO Off Page ini adalah hal penting dari SEO itu sendiri.

Baca Juga: Belajar SEO Off Page

Itulah 7 Belajar Teknik SEO yang bisa anda terapkan pada website anda. Semoga artikel ini bisa membantu anda dalam mengoptimasi. Sampai jumpa di halaman 1 google.