Yoast SEO merupakan salah satu plugin yang di sediakan oleh WordPress secara gratis yang memiliki fitur paling lengkap hingga saat ini. Saat ini saja yoast SEO sudah di unduh lebih dari 5 juta pengguna. Oleh karena itu, disini kami akan membahas mengenai Belajar Yoast SEO yang akan memaksimalkan SEO website milik anda.

Belajar Yoast SEO

Belajar Yoast SEO

Yoast SEO ini bisa anda instal secara gratis di wordpress hosting milik anda sendiri. Anda tidak perlu takut untuk mengoperasikannya, karena ini sangat mudah, bahkan bagi seorang pemula sekalipun. Plugin yang disediakan dari wordpress ini juga tersedia versi premiumnya, tapi pada dasarnya keseluruhan fungsi pentingnya sudah ada pada Yoast SEO gratis.

Anda akan sangat dimudahkan dalam mengontrol Title dan meta description, menetapkan kata kunci yang anda targetkan dan mampu melihat seberapa banyak anda sering menggunakan kata kunci tersebut. Tidak hanya itu, anda juga bisa mengatur sitemap, dan banyak hal lainnya dari plugin gratisan ini.

Baca Juga: Urutan Belajar SEO Pemula

Tapi sebelum kita masuk ke dalam Belajar Yoast SEO, alangkah baiknya jika kita belajar menginstalnya terlebih dahulu. Langsung saja simak dibawah ini.

Cara Download dan Install Yoast SEO

Belajar Yoast SEO 1

Bagi anda yang mungkin baru membuat website hosting baru, dan masih belum terpasang plugin Yoast SEO, maka anda bisa langsung mendownloadnya sekarang juga. Tapi jika Yoast SEO anda sudah terpasang, tentunya anda ingin mempelajarinya lebih lanjut bukan. Untuk itu, anda bisa langsung loncat ke bagian cara Setting Yoast SEO dibawah.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dengan masuk ke dalam dashboard website anda. Kemudian anda bisa arahkan kursor pada plugins yang ada pada sisi kiri layar. Setelah itu, akan muncul 3 pilihan, anda bisa memilih “Add New” untuk menambahkan Plugin baru.

Ketika anda klik “Add New” maka anda akan dibawa ke halaman plugin yang di rekomendasikan, dan favorit. Untuk mencari Yoast SEO, anda bisa masukan kata “Yoast” kedalam kolom pencarian yang ada pada pojok kanan. Nanti akan muncul Yoast SEO, dan anda bisa langsung klik “Instal Now” dan wordpress akan secara otomatis menginstal Yoast SEO milik anda. Setelah itu, anda bisa langsung mengaktifkan pulgin tersebut.

Belajar Yoast SEO 2

Cara Setting Yoast SEO

Belajar Yoast SEO selanjutnya adalah menyetting plugin tersebut. Perlu anda ketahui, saat ini kami masih menggunakan default dari yoast SEO, tidak ada yang kami rubah sedikitpun. Oleh karena itu, kami akan mencoba langsung membagikan trik agar bisa memaksimalkan plugin yoast seo ini. Kami biasanya akan mengatur Post Title dan meta description, karena ini masuk kedalam SEO Onpage.

Baca Juga: Belajar Teknik SEO

1. Setting Post Title dan Meta Description

Salah satu bagian penting dari On Page SEO adalah dengan mengatur judul dan deskripsi. Dengan adanya Yoast SEo ini, kita akan sangat dimudahkan untuk membuat judul dan deskripsi dari artikel kita. Selain itu, disini anda juga bisa memasukan focus keyword atau kata kunci target anda. Ini agar google tahu, kata kunci apa yang akan anda optimasi.

– Title

Belajar Yoast SEO 3

Pastikan anda menulis title dan deskripsi hingga warna yang ada dibawah berubah menjadi hijau. atau anda bisa memasukan judul dengan jumlah minimal karakter 55, dan makasimal 75 karakter. Anda wajib memasukan kata kunci pada site title anda agar bisa mendongkrak posisi website anda.

– Deskripsi

Belajar Yoast SEO 4

Setelah anda masukan title, maka langkah selanjutnya anda harus memasukan deskripsi pada bagian bawahnya. Perlu anda ketahui ada banyak sekali cara untuk menulis meta deskripsi ini, salah satunya adalah dengan menggunakan ringkasan artikel anda. Pastikan anda juga menuliskan deskripsi hingga warna berubah menjadi hijau dan jangan lupa untuk memasukan kata kunci didalamnya.

Selain mengatur Title dan Meta Deskripsi, Plugin Yoast SEO ini membuat kita lebih mudah untuk mendaftarkannya pada Webmastertool. Oleh karena itu, dalam belajar Yoast SEO kali ini, kami juga akan memberitahu caranya bagaimana agar bisa terindeks atau muncul pada halaman google. Langsung simak dibawah ini.

2. Mendaftarkan Ke Google Search Console dengan Yoast

Langkah yang pertama adalah anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu webiste pada Google Search console. Setelah anda masuk ke dalam GSC, maka anda bisa pastekan URL atau domain milik anda. Jika anda ingin menulis domain, anda bisa taruh dibagian sebelah kiri, dan URL anda bisa taruh disebelah kanan. Pastikan untuk memilih salah satunya saja yah.

Belajar Yoast SEO 5

Setelah memasukan Domain atau Url anda bisa langsung klik continue untuk melajutkan langkah selanjutnya. Pada langkah selanjutnya ini, anda akan diberikan beberapa pilihan untuk memverivikasi website anda. Agar lebih mudah kita akan pilih cara HTML tag yang bisa anda cari dibawah HTML file.

belajar yoast seo 7

Kemudian klik HTML tag. Setelah itu, maka cara yang harus anda lakukan adalah dengan meng copy meta tag yang di sediakan dan masuk kembali dashboard website anda.

belajar yoast seo 8

Anda bisa langsung arahkan kursor ke Yoast dan pilih general. Didalam pengaturan Yoast SEO ini ada 3 pilihan, untuk bisa memverifikasi website kita, anda klik webmaster tools. Setelah itu, anda bisa langsung pastekan pada Google Verification Code yang terletak pada tengah.

Belajar Yoast SEO 6

Satu hal yang perlu anda perhatikan dalam belajar Yoast SEO ini adalah pastikan pastekan kode yang ada di kami bold itu. <meta name=”google-site-verification” content=”aNAS6B2afE7EPpmEPq-LZXYWcC8FQkviu091r5xtQDM“/>. Kemudian jangan lupa untuk save.