Untuk menjadi seorang pebisnis tentunya memerlukan banyak hal yang harus kita pahami. Oleh karena itu, sebelum kita terjun kedalam dunia bisnis, kita setidaknya harus memiliki rencana bisnis yang akan dikerjakan. Oleh karena itu, disini kami akan berikan Cara Buat Bisnis Plan Sederhana yang mungkin bisa anda praktekan dengan mudah.

Cara Buat Bisnis Plan Sederhana

Cara Buat Bisnis Plan Sederhana

Sebuah rencana tentunya harus kita siapkan dengan matang dan mempertimbangkan beberapa hal. Rencana bisnis ini bisa kita katakan sebagai business plan tau bisnis plan yang merupakan langkah awal. Tentunya dengan perencanaan yang baik, maka akan memberikan dampak positif terhadap apa yang akan kita terapkan dalam bisnis nantinya.

Sebelum kita masuk kedalam business plan, alangkah kita mengetahui terlebih dahulu apa itu bisnis plan. Business plan merupakan sebuah dokumen tertulis yang di siapkan oleh para pebisnis dan menggambarkan semua unsur yang relevan. Ini sudah mencakup unsur internal maupun eksternal terkait perusahaan yang akan kita bangun.

Baca Juga: 3 Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Cara Buat Bisnis Plan Sederhana Paling Mudah

Sebelum kita masuk pada cara membuat bisnis plan sederhana, alangkah kita sebagai calon wirausahawan menyaiapkan beberapa hal. Yang mana, persyaratan ini Insyaallah akan membuat bisnis kita bisa berkembang dengan mudah. Persayaratan ini biasanya disingkan menjadi 5W 1H yaitu:

– Produk Apa yang Akan Jual
– Mengapa Produk itu Harus Kita Jual
– Siapa Pembelinya atau Pasarnya
– Kapan Produk Mulai Dijual
– Dimana Produk Harus Dijual
– Dan Bagaimana Cara Memasarkan Produk Tersebut

Setelah menyiapkan beberapa persyaratan diatas, maka anda bisa langsung membuat business plannya. Untuk langkah sederhanya silahkan ikuti tips kami dibawah ini.

1. Masalah

Tentunya ketika anda ingin berbisnis anda harus melihat masalah yang ada dipasar. Carilah produk yang memang bisa menyelesaikan masalah banyak orang. Contohnya seperti anda ingin berjualan Kaca Mata Renang. Tentunya masalah yang paling sering dihadapi oleh orang-orang adalah ketika berenang mereka akan sulit melihat didalam air.

Dengan adanya kacamata renang ini, orang-orang yang akan berenang tidak perlu takut lagi untuk melihat ketika mereka dibawah air. Jadi, produk yang dijual Insyaallah akan bertahan lama karena ia menyelesaikan sebuah masalah.

2. Siapa yang Butuh

Langkah kedua setelah anda menemukan sebuah masalah adalah siapa yang butuh produk tersebut atau Need. Karena sebagus apapun produk yang anda miliki, tapi jika tidak ada yang butuh maka produk tersebut tidak akan ada yang beli. Untuk itu, anda bisa tulis di business plan anda mengenai hal ini.

3. Segmentasi Pasar

Cara Buat Bisnis Plan Sederhana pemula

Ini sangat penting sekali, anda harus membuat atau mendesai agar mengetahui segmentasi pasar anda. Anda harus mengelompokan segmentasi pasar anda, dan biasanya ini dibagi menjadi 2. Yang pertama adalah orang-orang yang suka berenang, contohnya seperti atlet renang. Pastinya mereka membutuhkan kacamata renang ini.

Baca Juga: 4 Cara Bisnis Online Pemula

Yang kedua adalah orang-orang yang tidak suka berenang, tentunya ini jangan anda masukan kedalam target market anda yah. Karena mereka tidak akan membeli kacamata renang ini kecuali untuk anak atau saudara mereka.

4. Market Category

Ketika kita memiliki sebuah produk, pastikan anda mengetahui market category anda. Karena market category sangatlah luas, dan kacamata renang ini biasanya masuk kedalam category renang dan alat olahraga.

Kesimpulan

Ketika anda sudah memiliki business plan seperti ini, maka akan terjadi sebuah proses penjualan disana. Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Buat Bisnis Plan Sederhana, semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kita semuanya.