Keyword atau kata kunci merupakan hal yang penting apabila anda ingin melakukan optimasi sebuah website. Pemilihannya pun harus tepat dan sesuai dengan target anda. Untuk itu disini kami mencoba menyusun beberapa tips Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO yang bisa anda praktekan untuk website anda.

Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO

Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO terbaru

Pemilihan sebuah kata kunci adalah hal yang amat penting. Ini nantinya akan menentukan blog anda ramai atau tidak. Kesalahan dalam menentukan kata kunci membuat blog anda sepi, walaupun sudah berada di halaman 1 Google. Kalau pengunjung blognya sudah sepi, pastinya kita sebagai pemilik blog akan malas lagi dalam menulis bahkan berhenti bermain SEO.

Oleh karena itu disini kami akan mencoba membahasnya. Tapi sebelum kita masuk ke dalam materinya, alangkah baiknya kita mengetahui apa sih sebenarnya riset kata kunci itu?

Riset kata kunci merupakan sebuah strategi yang harus anda pahami sebelum anda mulai mengoptimasi website anda dengan SEO. Ini merupakan pelajaran pertama ketika anda mulai belajar SEO. Bagi anda yang sedang belajar SEO dan ingin meningkatkan visitor blog anda, maka anda wajib melakukan riset keyword terlebih dahulu.

Baca Juga: Belajar SEO Youtube untuk Pemula

Pembagian Kata Kunci

Untuk lebih mudah dalam Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO, kami akan mencoba membagi beberapa kata kunci yang harus anda kenali. Ini beberapa kata kunci yang di ajarkan oleh mentor saya ketika pertama kali Riset keyword.

a. Short Tail Keyword
b. Long Tail Keyword
c. Keyword Abadi
d. Keyword Musiman

Itulah beberapa jenis kata kunci ketika saya pertama kali belajar bersama mentor saya. Untuk penjabarannya, anda simak dibawah ini.

a. Short Tail Keyword

Short Tail Keyword ini merupakan kata kunci yang terdiri dari 1 atau 2 kata. Contohnya seperti

– Baju
– Baju Batik
– Laptop
– Jual Rumah
– Jual Sepatu

Jenis kata kunci seperti ini biasanya memiliki tingkat persaingan yang sangat tinggi. Bagi anda yang pertama kali bermain SEO, jangan pernah sekali-kali menargetkan kata kunci Short Tail ini yah. Tapi tidak ada salahnya ketika anda sudah memiliki ilmu SEO tinggi dan mulai mencobanya.

b. Long Tail Keyword

Long Tail Keyword ini merupakan kata kunci yang paling umum di gunakanan. Biasanya mereka terdiri dari 3 kata ata lebih. Contohnya saja seperti:

– Catering Nasi Box
– Jual Sepatu Futsal Murah
– dan lain sebagainya

Jika anda baru saja belajar mengenai SEO, maka kata kunci seperti inilah yang cocok anda targetkan pada website anda. Hal ini dikarenakan tingkat persaingannya yang cenderung lebih rendah dan tentunya anda akan lebih mudah menguasai halaman teratas Google.

Ada satu kekurangan dari long tail keyword ini, yaitu traffic yang akan anda dapatkan tidak akan sebanyak short tail keyword. Tapi bagi anda yang baru belajar SEO ini merupakan hal yang harus anda coba terlebih dahulu. Ketika sudah mulai bisa masuk ke halaman 1 Google, anda bisa menargetkan kata kunci dengan pencarian tinggi.

c. Keyword Abadi

kata kunci seperti ini merupakan kata kunci yang paling sering atau selalu di gunakan orang untuk mencari sebuah informasi pada Google. Tentunya kata kunci seperti ini tidak akan ada habisnya sampai kapanpun. Contohnya saja seperti:

– Tips Menguruskan Badan
– Belajar SEO
– Pakar SEO
– dan lain sabagainya

d. Keyword Musiman

Keyword musiman ini merupakan sebuah kebalikan dari keyword abadi. Biasanya keyword ini akan populer sesaat saja. Dan terkadang kata kunci ini memakai kata tahun atau sebagainya. Contohnya saja seperti:

– Juara Liga Inggri Tahun 2018

Sampai disini paham kan mengenai jenis-jenis kata kunci. Jika anda sudah mulai paham, kita akan mulai masuk ke dalam Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO. Simak langsung dibawah ini.

Cara Riset Kata Kunci

Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO

Dalam melakukan riset kata kunci, anda bisa menggunakan 2 cara. Yaitu dengan cara manual atau dengan bantuan tools gratisan. Tapi dalam kesempatan Cara Riset Kata Kunci Belajar SEO, kita akan melakukannya dengan tools gratisan saja. Hal ini akan lebih mempermudah anda dalam melakukannya.

Tapi sebelum anda mulai melakukannya, alangkah baiknya anda menyiapkan kata kunci dengan nama produk anda. Contohnya saja kami akan menggunakan kata kunci “Nasi Box”. Setelah itu anda bisa mulai melakukan riset dengan beberapa tools gratisan seperti:

1. http://ubersuggest.org
2. http://keywordshitter.com
3. http://keywordtool.io

Anda bisa menambahkan kata di depan atau belakangnya untuk melihat seberapa banyak persaingannya.

Contoh penambahan kata depan keyword: Jasa, Jual, Catering, Produsen, dll. Intinya anda bisa menambahkan kata buying di depan keyword anda. Ini agar anda menargetkan lebih tertarget.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai cara riset kata kunci belajar seo. Semoga apa yang kami sampaikan ini bisa bermanfaat untuk anda semuanya.