Dalam bermain SEO, ada 3 hal penting yang tidak bisa anda tinggalkan begitu saja. Salah satunya adalah melakukan riset keyword. Pada kesempatan yang berbahagia kali ini, kami akan mencoba membahas mengenai Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja simak bersama dibawah ini.

Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner

Saat ini ada banyak cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan riset, entah itu manual ataupun dengan menggunakan tools. Salah satu tools riset yang sering digunakan adalah keyword planner. Dengan tools ini anda bisa melakukan riset kata kunci untuk keperluan SEO maupun Google Ads anda. Terlebih lagi tools ini bisa anda gunakan secara gratis.

Sebenarnya untuk melakukan riset tidak berpatokan pada tools ini yah, masih ada banyak tools riset lainnya yang bisa anda gunakan. Tapi karena tools ini sering sekali digunakan, maka tidak ada salahnya kami membahasnya kan. Sebenarnya ini bukanlah sebuah tools riset kata kunci, melainkan untuk para pengguna Google Adwords.

Baca Juga: Cara Meningkatkan SEO Medium

Fungsi Keyword Planner

Setiap tools pastinya memiliki fungsinya masing-masing. Keywpord planner juga memiliki beberapa fungsi seperti dibawah ini.

a. Menganalisis Volume Pencarian Keyword Bulanan
b. Melihat Tingkat Kompetisi Keyword
c. Melihat Saran Kata Kunci Lainnya
d. Harga ketika Ingin Memasang Iklan di Google Adwords

Cara Daftar Google Keyword Planner

Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner terbaru

Sebenarnya ada dua cara yang bisa kita lakukan untuk mendaftar pada keyword planner ini. Anda bisa mendaftar untuk membuat iklan atau hanya menggunakan keyword planner saja. Jika anda hanya ingin untuk riset keyword, maka anda bisa mengikuti Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner dibawah ini.

1. Buka Google Ads dan Buat Akun Baru

Langkah awal yang harus anda lakukan adalah dengan membuka google Keyword Planner, ambil paling atas. Ketika anda belum pernah membuka, anda bisa melakukan pendaftara dahulu.

2. Pilih ke Mode Pakar

Setelah anda masuk, maka anda akan dihadapkan dengan 3 pilihan Tujuan Google Ads. Untuk bisa menggunakan keyword planner dengan gratis, anda bisa langsung klik Beralih Ke mode Pakar.

3. Buat Akun tanpa Kampanye

Masuk ke step selanjutnya, ada 7 pilihan yang bisa anda pilih. Agar lebih cepat proses risetnya, anda bisa langsung klik Buat Akun tanpa Kampenye.

4. Pelajari Akun Anda

Ketika anda suda klik buat akun tanpa kampanye, anda akan dibawah ke step selanjutnya. Di step ini anda bisa langsung klik kirim dan setelah itu klik pelajari akun anda.

5. Pilih Alat & Setelan

Setelah melewati proses tadi, anda sudah berhasil masuk kedalam Google Keyword Planner. Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner inilah yang bisa anda ikuti tanpa adanya proses pemabayaran. Setelah itu, untuk melakukan riset anda bisa langsung pilih alat & setelan.

6. Pilih Keyword Planner

Ketika sudah klik, ada banyak pilihan yang bisa anda pilih. Untuk masuk ke keyword planner anda bisa memilihnya dibagian atas kiri dibagian perencanaan.

Poin Penting Keyword Planner

Dalam keyword Planner ini ada dua point penting yang wajib anda ketahui, yaitu:

A. Dapatkan Kata Kunci Baru

Ini berfungsi untuk melihat saran kata kunci. Ketika anda menggunakan ini, anda akan melihat beberapa saran kata kunci yang ada.

B. Volume Penelusuran

Yang Kedua ini ada Volume Penelusuran. ini sangat bagus karena anda bisa melihat berapa sih penelusuran yang terjadi selama sebulan.

Itulah beberapa Cara Riset Keyword dengan Google Keyword Planner. Setelah melakukan langkah-langkah diatas, anda bisa langsung melakukan riset kata kunci sesuai kebutuhan anda secara gratis. Semoga apa yang kami sampaikan ini bermanfaat untuk anda semuanya yah.