Mungkin bagi anda para pengguna WordPress pasti tidak akan asing dengan yang namanya Yoast SEO. Ini merupakan salah satu plugin yang paling banyak digunakan oleh para pemain SEO terutama di Indonesia. Mungkin bagi anda yang masih pemula, anda bisa membaca artikel kami ini dengan judul Cara Setting Yoast SEO dengan mudah.

Cara Setting Yoast SEO

Dengan menggunakan plugin yoast SEO ini, kebutuhan SEO anda akan lebih mudah dibandingkan tanpa menggunakannya. Tujuan utama menggunakan plugin ini adalah agar membuat artikel bisa muncul di halaman pertama search engine dengan kata kunci tertentu dengan mudah. Kami ingin membahas ini dikarenakan yoast banyak digunakan dan memiliki fitur SEO yang cukup lengkpa dan mudah.

Plugin yoast ini bisa membantu anda meningkatkan SEO On Page anda yang mana ini merupakan satu diantara tiga bagian penting dari SEO. Secanggih apapun plugin itu, tapi jika anda tidak bisa memaksimalkan dengan baik maka hasilnya juga kurang maksimal. Mungkin tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita simak bersama dibawah ini.

Baca Juga: Cara Website Masuk Halaman Pertama Google

1. General

Cara Setting Yoast SEO terbaru

Pada settingan general ini akan terbagi menjadi 3 bagian, yaitu Dashboard, Features, dan Webmaster Tools. Pada menu ini saya biarkan settingan pada default dan tidak mengubah apapun kecuali pada bagian webmaster tools. Di bagian webmaster ini anda bisa memanfaatkannya untuk memverifikasi website agar bisa terindeks di mesin pencari.

Disana ada beberapa platform mesin pencari besar di dunia seperti Yandex, Bing, Baidu, dan Google. Anda bisa memilih salah satunya untuk mendaftarkan website milik anda, tapi jika ingin muncul di 4 platform itu anda bisa mendaftarkannya yah. Kalau kami sendiri biasanya hanya mendaftarkannya ke Google saja.

Hal ini dikarenakan Google merupakan mesin pencari yang paling banyak di gunakan oleh orang-orang di dunia terutama Indonesia. Oleh karena itu, kami memilih fokus pada Google saja. Untuk verifikasinya tentunya anda sudah tidak asing lagi kan.

2. Search Appearance

Dalam menu kedua Yoast SEO ini ada Search Appearance. Sama seperti namanya, pengaturan yang ada disini berhubungan dengan tampilan isi website anda dengan mesin pencarian Google. Setidaknya ada 7 sub menu diantaranya adalah General, Content Types, Media, Taxonomies, Archives, Breadcrumbs, dan RSS.

Untuk settingan yang kedua ini kami defaultkan sesuai dengan bawaan yoast SEO. Tapi jika anda ingin mengubahnya, bisa anda lakukan pada bagian General. Anda bisa memilih Title Separator atau sebagai pemisah antara judul dengan nama blog anda. Contohnya: Cara Setting Yoast SEO Terbaik | SEO United.

Agar tampilan tidak berantakan, anda bisa mengisi SEO Title dan Meta Description pada blog anda. Nantinya ini akan terbaca di mesin pencari Google. Pastikan samakan dengan settingan yang ada pada settingan utama anda yah.

Baca Juga: Cara Riset Keyword dengan KwFinder

3. Search Console

Fitur yang ketiga ini ada Search console. Tapi perlu anda ketahui bahwa fitur yang satu ini sudah tidak berfungsi lagi. Hal ini dikarenakan Google sudah menutup akses API Search Console. Untuk melihat ini, anda bisa langsung menuju ke Google Search Console untuk melihat error pada blog anda.

Mungkin itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai Cara Setting Yoast SEO terbaik ini. Semoga apa yang kami berikan bisa bermanfaat untuk anda. Perlu di ketahui untuk settingan Yoast SEO ini kami defaulkan kecuali beberapa yang sudah kami sebutkan diatas. Sampai jumpa di artikel kami selanjutnya yah.