Sitemap atau peta situs ini merupakan sebuah kewajiban yang harus digunakan oleh pemilik website maupun blog. Tentunya ini bagikan sebuah wilayah yang membutuhkan pemetaan yang benar agar mudah dikenali dan di telusuru, begitu pula dengan website. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba membahas mengenai Fungsi Sitemap pada Website atau blog.

Fungsi Sitemap pada Website

Fungsi Sitemap pada Website terbaru

Agar website mudah dikenali oleh mesin pencari, kita sebagai pemilik harus mendaftarkan peta situs sitemap ini. Sebagian orang, terutama orang yang baru saja belajar tentang SEO masih belum mengerti mengenai sitemap ini. Mereka hanya bisa mendefinisikan bahwasanya sitemap ini adalah peta situs.

Pemahaman mereka hanya sampai situ saja, sehingga implementasinya sangatlah minim. Menurut kami ini meripakan hal yang buruk untuk website jika tidak mengetahui fungsi dari sitemap tersebut. Sehingga website yang akan kita olah ini akan kurang optimal di mesin pencari Google. Untuk itu, alangkah baiknya anda mengenal sitemap ini.

Baca Juga: 4 Faktor SEO Google

Pengertian Sitemap

Fungsi Sitemap pada Website

Anda bisa mamasukan peta situs ini ketika anda sudah mendaftarkannya ke web master tool atau Google Search Console. Sitemap sendiri merupakan salah satu media penghubung antara website dengan mesin pencari yang akan memudahkan pemilik website tentang konten yang tersedia untuk di rayapi.

Bentuk yang paling sederhana dari peta situs adalah Sitemap.xml yang berisikan daftar URL website dan metadata. Metadata ini akan memberikan activitas URL seperti kapan terakhir kali URL tersebut diperbarui dan seberapa sering. Tentunya ini akan membuat mesin pencari dapat memudahkan menjelajahi website milik anda.

5 Fungsi Sitemap pada Website yang Harus Anda Ketahui

Artikel yang kami tuliskan ini sebenarnya tidaklah terlalu penting, hanya saja anda wajib membacanya. Karena ini awal mula website anda bisa masuk ke halaman mesin pencari Google. Untuk lebih lengkap mengenai fungsi dari sitemap ini, anda bisa simak langsung dibawah ini.

1. Mempermudah Pengunjung Menemukan Website Anda

Ketika anda mendaftarkan website ke Google Search Console, website biasnya akan secara otomatis ke Index oleh Google. Tapi, untuk konten-konten yang ada dalam blog atau website agar bisa di index anda harus melakukannya secara manual. Tapi, sebenarnya ada cara mudah untuk melakukan otomatis index yaitu dengan memasukan peta situs Sitemap.xml.

Dengan adanya sitemap ini, website anda akan lebih mudah ditemukan oleh para pengunjung yang datang dari sumber manapun. Mereka akan melihat blog anda sehingga bisa melakukan penilaian apakah user friendly atau tidak.

Baca Juga: Cara Live Streaming Youtube di Pc

2. Website Cepat Terindex

Seperti yang sudah kami katakan di atas, bahwasanya website akan tetap terindex walaupun anda tidak memasukan sitemap ini. Tapi, mana mau anda menunggu lama untuk melihat artikel-artikel yang anda buat terindex. Robot search engine biasanya akan menjelajahi situs anda satu per satu.

Anda bayangkan saja jika website memiliki puluhan hingga ratusan artikel, ini akan sangat menyulitkan robot search engine untuk mengindex website anda. Oleh karena itu, anda sangat perlu menggunakan peta situs sitemap ini. Karena dengan adanya peta situs ini, artikel akan lebih mudah dan cepat terindex.

3. Melihat Lalu Lintas Website

Fungsi Sitemap pada Website yang terakhir ini akan membantu kita melihat lalu lintas website kita. Dengan ini, kita bisa melihat seberapa banyak pengunjung yang melihat atau mengklik website kita. Tentunya ini merupakan alat yang sangat berharga, terutama bagi anda untuk meningkatkan penjualan secara online.

Mungkin itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Fungsi Sitemap pada Website yang harus anda ketahui. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk kita semua.