Tentunya kita tahu sendiri bahwasanya SEO merupakan salah satu strategi internet marketing paling efisien dan efektif untuk memajukan bisnis anda. Dulu ketika SEO masih belum sepopuler sekarang, SEO hanya identik dengan link building saja. Tapi saat ini SEO lebih kompleks yang tidak hanya mengandalkan backlink saja. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba memberikan beberapa mindset SEO yang tentunya akan membantu anda dalam memahami SEO itu sendiri.

Mindset SEO

Mindset SEO

Hal yang paling penting ketika anda belajar ilmu baru adalah pola pikir atau mindset. Jika kita memiliki pola pikir yang benar, maka kita bisa mulai berbicara mengenai hal teknis, dan itulah kenapa mindset belajar SEO sangat diperlukan. Tidak sedikit orang yang berpikiran bahwa setelah belajar pasti akan langsung page one atau dagangannya akan laris.

Baca Juga: Fungsi Sitemap Pada Website

Yah seperti itulah pola pikir kebanyak orang yang tentunya ini masih belum benar dan harus diluruskan kembali. Kita bisa lihat orang yang sudah menghasilkan puluhan juta hingga ratusan juta melalui blog SEO saja membutuhkan jalan yang panjang. Selain jalan yang panjang, mereka juga melewati berbagai rintangan seperti jenuh.

Oleh karena itu, sekarang saatnya kita mulai meluruskan mindset sebelum memulai belajar SEO dengan benar. Apa saja itu? Langsung saja simak bersama dibawah ini.

1. Niat

Apapun yang akan anda lakukan, pastinya kita harus melihat niatnya terlebih dahulu. Pastikan anda meluruskan niat anda sebelum membuat blog ataupun website. Ini merupakan Mindset SEO yang paling penting. Apakah website untuk menghasilkan uang dari adsense atau untuk berjualan. Jika untuk melakukan spam blog di google mending tidak usah.

Hal ini karena akan membuang uang anda dan tenaga. Selain itu, waktu juga akan banyak terbuang lebih baik melakukan hal lain yang bisa menghasilkan uang. Ketika anda ingin membuat website, alangkah buat yang disukai oleh google. Jadi anda tidak perlu bermain petak umpet dengan algoritma google. Pastikan untuk mencari celah google agar membuat web nangkring.

Baca Juga: 4 Faktor SEO Google

Tidak perlu bermain black hat, yah walaupun katanya akan menghemat banyak waktu. Tapi hasil akhirnya, web memang akan nangkring di halaman 1 Google tapi itu tidak bertahan lama dan website hilang dari peradapan Google. Selain itu, anda juga akan mengeluarkan uang lebih karena harus menyewa VPS dan tools lainnya. Oleh karena itu, bermain White Hat SEO saja.

2. Proses Belajar

2 Mindset SEO

Mindset SEO yang kedua dan wajib di praktekan adalah proses belajar. Tak jarang orang menginginkan hasil yang begitu cepat, entah itu halaman satu, jualan laris, maupun brand menjadi terkenal. Perlu kita pahami bersama bahwasanya semua itu butuh PROSES, apapun pekerjaan anda pasti akan ada yang namanya proses.

Contohnya saja ketika anda menanan Kangkung dari benih hingga panen, pasti anda butuh proses selama 2 bulan untuk panen.

Jika niat anda sudah benar, maka selanjutnya anda harus menikmati proses belajar anda. Mulai dari belajar bersabar, belajar teliti, belajar tekun, dan selalu introspeksi diri yah. Saya juga sama, dulu pertama belajar sangat ingin langsung muncul di halaman pertama dan ingin jualannya laris. Nah, pada kenyataannya itu tidak tercapai.

Dalam proses belajar ini akan ada banyak orang bertumbangan di tengah jalan, karena tidak bisa menikmati indahnya proses bejara. Selain itu, mereka beranggapan bahwa SEO itu susah, rumit, dan capek. Padahal mereka sekolah selama 12 tahun saja tidak capek. Oleh karena itu anda harus menikmati proses belajar ini yah.

Nah, itulah dua Mindset SEO yang wajib anda praktekan ketika memulai belajar SEO ini yah. Jangan ada kata menyerah untuk meraih puncak. Kami doakan semoga anda bisa mencapai tujuan anda. Aamiin.