Kita seringkali mendengar kata branding atau brand, tentunya ini akan berkaitan langsung dengan sebuah produk. Jika anda mencari makna dari kata brand, maka ada literatur tertentu dan banyak ambigu mengenai kata ini. Oleh karena itu, disini kami akan membahas mengenai Pengertian Branding sekaligus unsur-unsurnya.

Pengertian Branding

Pengertian Branding dan Unsur-Unsurnya!

Sebeulum anda mengetahui apa itu branding, alangkah baiknya jika anda mengetahui dasara katanya terlebih dahulu yaitu brand. Istilah brand sendiri pertama kali digunakan oleh orang-orang Inggris pada abad ke 19. Ini sebagai bentuk tanda pada hewan ternak dan juga budak dengan memberi mereka cap dari besi panas pada tubuh mereka.

Baca Juga: Peluang Konten Viral

Awalnya mereka menyebutnya dengan kata burn, dan kemudian kata brand sendiri mulai populer ketika digunakna oleh orang-orang Jerman. Tentunya ini dengan makna yang sama dengan menandai sesuatu dengan cap besi panas. Sedangkan branding merupakan sebuah kegiatan komunikasi untuk memperkuat, dan mempertahankan sebuah brand dalam rangka memberi perspektif kepada orang lain.

Usnsur-Unsur Branding

Pengertian Branding

Biasanya sebuah brand akan terkenal karena kegiatan branding yang menyangkut pada pengenalan identitas pada masyarakat. Oleh karena itu, setelah kita mengetahui tentang pengertian dari branding, alangkah baiknya kita juga mengetahui unsur-unsur yang harus disertakan agar produk kita mudah diingat oleh banyak orang. Adapaun unsur tersebut yang harus dipenuhi meliputi:

1. Nama Merek

Nama merupakan hal paling penting dan wajib dipenuhi ketika kita akan melakukan branding. Karena ini adalah awalan untuk bisa mengenalkan pada masyarakat luas yang pastinya pertama kali yang akan di ingat. Tanpa adanya sebuah nama, maka produk kita tidak memiliki sebuah identitas yang mudah di kenali oleh masyarakat luas.

2. Logo

Logo merupakan hal penting kedua yang wajib terpenuhi. Ketika anda memiliki sebuah brand dan ingin di kenal banyak orang, maka brand anda wajib memiliki sebuah logo. Selain nama, biasanya orang-orang akan mengenali brand milik kita melalui sebuah logo. Untuk logo sendiri, anda bisa menggunakan logo yang unik dan pastinya meninggalkan kesan yang tak terlupakan bagi konsumen.

3. Kata-Kata atau Slogan

Ketika anda ingin memiliki sebuah brand yang terkenal, pastikan untuk memiliki sebuah slogan atau tagline. Gunakan slogan yang cerdas dan selalu meninggalkan kesan yang mendalam. Selain itu, tagline jangan terlalu panjang agar mudah di ingat oleh konsumen anda. Gunakan kata-kata yang memiliki unsur ceria serta positif dan pastinya berbeda dari brand lain yah.

4. Penggunaan Brand Ambasador

Untuk penggunaan brand ambasador pastinya sangat penting yah, terlebih lagi untuk meningkatkan pemasaran sebuah produk anda. Brand ambasador sendiri biasanya dari kalangan orang terkenal atau orang yang memiliki banyak pengikut di sosial media. Selain itu, anda bisa membuatnya sendiri mungkin dengan menggunakan sebuah maskot atau tokoh dari perusahaan milik anda.

5. Tampilan Visual

Yang terkahir dan wajib di aplikasikan pada produk adalah tampilan visualnya. Mulai dari desain produk, desain kemasan, dan lain sebagainya. Menggunakan tampilan visual dengan warna yang cerah atau elegan bisa menambah pencitraan terhadap sebuah produk loh. Jadi, jangan sampai salah pilih dalam pemilihan warna kemasan produk anda yah.

Itulah sedikit yang bisa kami sampaikan mengenai Pengertian Branding dan Unsur-Unsur dalam branding yang wajib diterapkan. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda, terutama anda yang ingin membuat sebuah brand sendiri.