Pastinya setiap pemilik website ataupun blog ingin setiap artikelnya berada di halaman pertama mesin pencari. Tapi, website yang tidak terindex dengan baik oleh mesin pencari bisa menyebabkan peringkat menurun sangat drastis bahkan hilang dari mesin pencari loh. Oleh karena itu, disini kami akan mencoba membahas Penyebab Artikel Tidak Terindex Google.

Penyebab Artikel Tidak Terindex Google

penyebab website tidak terindex

Satu hal penting selain anda mengecek posisi website anda di mesin pencari adalah memastikan website atau blog milik anda sudah terindeks oleh Google. Dengan begini, anda akan lebih mudah untuk mendapatkan lalu lintas organik dari mesin pencari tersebut. Tapi, apakah anda sudah tahu tentang index atau pengindexan? Jika belum, kami akan coba jelaskan sedikit dibawah.

Index merupakan sebuah proses pengumpulan serta menganalisa data-data informasi yang diperoleh dari robot mesin pencari. Proses ini akan merekam segala sesuatu yang berkaitan dengan konten website tersebut. Dan website atau blog yang berhasil di index akan muncul di mesin pencari Google.

Baca Juga: Memahami Mindset SEO

4 Penyebab Artikel Tidak Terindex Google

Tapi, biasanya para blogger ataupun pemilik website yang baru belajar cenderung kesulitan untuk melakukan proses pengindexan tersebut. Bahkan, mereka biasanya tidak mengetahui bagaimana cara mengindex websitenya sendiri. Tentunya ini sangat buruk, karena website ataupun blog tidak akan mendapatkan pengunjung sama sekali melalui mesin pencari.

1. Tidak Mendaftar ke Google Search Console

Kesalahan mendasar yang paling sering dilakukan oleh pemilik blog atau website adalah tidak mendaftarkannya ke Google Search Console. Padahal dengan mendaftarkan website ke GSC membuat website yang kita miliki jadi terindeks oleh mesin pencari Google. Kami tahu ini kesalahan mendasar karena biasanya banyak sekali orang yang baru belajar menanyakan hal ini.

Oleh karena itu, segera daftarkan website atau blog anda ke Google Search Console. Kami sendiri biasanya mendaftarkannya ketika website sudah sangat siap. Mulai dari tampilan website hingga sudah terisi beberapa artikel.

2. Website Tidak Memiliki Sitemap.xml

penyebab website tidak terindex terbaru

Setiap website ataupun blog diwajibkan memiliki sitemap.xml yang merupakan petunjuk sederhana untuk memudahkan Google mengindeks website anda. Sebenarnya kode ini agar website bisa terindeks secara otomatis setiap anda memiliki konten terbaru. Berbeda jika anda tidak memiliki kode ini, anda harus melakukan index manual. jika tidak, maka website tidak bisa ditemukan dimesin pencari.

Baca Juga: Faktor SEO Google

Untuk bisa memasukan kode ini, anda bisa mendaftarkan terlebih dahulu ke Google Search Console. Nah, bagi anda yang menggunakan wordpres berbayar anda bisa menggunakan plugin pembantu seperti SEO by Yoast.

3. Banyaknya Duplikat Konten

Penyebab Artikel Tidak Terindex Google yang sering dilakukan oleh pemula juga adalah sering menduplikat konten. Duplikat konten ini adalah website memiliki beberapa konten yang sama. Tentunya robot Google akan mengindikasi ini sebagai salah satu tindakan spam yang membuat website jadi deindex.

Untuk menghindari itu, janganlah anda membuat artikel yang sama atau jika sudah terlanjur melakukannya, anda bisa menhapusnya satu persat. Tentunya ini akan memakan waktu yang banyak apabila konten duplikat anda banyak.

Penutup

Perlu di Ingat kesalahan bisa datang darimanapun dan kapanpun itu. Jangan sekali-kali untuk menyalahkan orang lain karena itu bukanlah cara untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi. Jika anda memiliki website yang tidak terindek, mungkin salah satu penyebabnya adalah hal di atas. Sebenarnya ada beberapa penyebab lainnya yang bisa saja terjadi.

Semoga apa yang kami berikan mengenai Penyebab Artikel Tidak Terindex Google bisa bermanfaat yah. Dan semoga anda yang menemukan masalah pada blog atau website bisa teratasi dengan mudah dan cepat.