Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak awal tahun 2020 sudah memberikan dampak yang begitu besar untuk perekonomian dunia, khususnya Indonesia. Banyak sekali usaha yang terkana dampak dari Covid sebut saja restoran, pusat perbelanjaan, hingga para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Tentunya setiap ada masalah pasti memiliki jalan keluarnya, oleh karena itu, disini kami mencoba menulis mengenai apa saja Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19 ini.

Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19

Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19 terbaik

Jika kita melihat dari data Goldman Sachs bahwasanya sebanyak 96 persen pemilik UKM di Amerika Serikat sangat merasakan dampak dari pandemi covid 19 ini. Bahkan 75 Persen dari merekan mengalami penurunan penjualan. Untuk di Indonesia sendiri jika kita lihat data dari ketua HIPMI Jaya mengatakan omzet UKM di Indonesia berkurang 70 persen.

Baca juga: Cara Buat Bisnis Plan Sederhana

Tentunya kita sebagai pelaku usaha memerlukan beberapa langkah untuk mampu bertahan di tengah pandemi covid 19 yang akan terus berlangsung ini. Perubahan pada arus keuangan bisnis juga sangat perlu dilakukan untuk bisa mempertahankan bisnis agar bisa berkelanjutan. Dibawah ini ada beberapa saran dan Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19.

1. Memeriksa Kondisi Keuangan

Tidak ada orang yang bisa memastikan kapan wabah Covid 19 ini berakhir. Oleh karena itu, anda bisa melakukan pemeriksaan secara mendalam terhadap kondisi keuangan bisnis anda. Hal utama yang perlu anda lakukan adalah melihat posisi likuiditas bisnis anda. Likuiditas adalah sejumlah dana yang bisa dnegna cepat anda gunakan untuk membayar kewajiban jangka pendek.

Ini termasuk kedalam keperluan darurat (emergency fund) anda. Anda pastikan terlebih dahulu seberapa besar likuiditas yang anda miliki dan seberapa lama likuiditas mampu menghidupi bisnis anda.

2. Periksa Status Aset dan Hutang

Dalam kondisi ekonomi yang seperti ini, anda pasti akan mengukur seberapa besar kemampuan usaha anda untuk bertahan dalam kondisi yang sulit. Oleh karena itu, anda bisa membuat rincian yang mencakup jumlah aset dan jumlah hutang anda. Setelah itu, anda bisa mengurangi jumlah aset dan jumlah hutang anda. Dengan cara seperti itu, anda bisa memprediksi keberlangsungan usaha anda.

3. Membuat Bisnis Plan Baru

Sebagai pelaku usaha tentunya kita harus bisa mengantisipasi dan mampu beradaptasi terhadap sebuah perubahan atau risiko yang mungkin terjadi pada bisnis kita. Anda bisa Membuat businiss plan baru yang didalamnya sudah memuat tentang strategi pemasaran, distribusi, sistem permodalan, dan pola pengeluaran.

Baca Juga: Ide Bisnis Online untuk Mahasiswa

Dengan menerapkan Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19 ini kita bisa dengan mudah meningkatkan kemampuan usaha untuk bertahan dalam kondisi keuangan yang sulit. Untuk menghemat pengeluaran, anda bisa menerapkan strategi digital merketing untuk memperluas jangkauan bisnis anda.

4. Strategi Marketing yang Baru

Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19

Selama pandemi Covid ini, terjadi pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat Indonesia. Tentunya mereka akan mengesampingkan sementara hal-hal sekunder seperti kebutuhan fashion salah satunya adalah sepatu. Strategi yang bisa anda lakukan dalam badai covid ini adalah dengan memberikan diskon untuk semua produk.

Perlu anda ketahui bahwasanya keputusan seseorang untuk membeli di tentukan dengan logika 20% dan emosional 80%. Tentunya sebagai pelaku bisnis lama kita tahu tentang ini. Oleh karena itu, anda bisa memberikan diskon atau mendonasikan sebagian keuntungan bisnis anda.

Mungkin itulah yang bisa kami sampaikan mengenai Strategi Bisnis Dalam Menghadapi Covid 19. Pastikan anda mengikuti strategi yang kami berikan dan selalu bersyukur atas apa yang telah diberikan oleh Allah. Semoga Artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua dan kita berdoa bersama agar Covid 19 ini segera pergi dari Dunia ini.