Membuka sebuah bisnis sendiri merupakan sebuah peluang bagi kita semua untuk menghasilkan uang. Belum lagi saat ini untuk mendapatkan sebuah pekerjaan bukanlah hal yang mudah bagi orang-orang yang tidak memiliki keahlian khusus. Salah satu bagian terpenting pada bisnis adalah Packaging produk. Kesempatan yang berbahagia kali ini, kami akan membahas mengenai Strategi Packaging Produk Terbaik dari Kami.

Strategi Packaging Produk

Strategi Packaging Produk

Jika saat ini anda memiliki sebuah produk tapi belum ada desain untuk packaging produk anda, maka saatnya anda mulai untuk melakukan desain packaging untuk produk anda. Ternyata packaging ini merupakan sebuah unsur yang mempengaruhi banyaknya penjualan atau minat konsumen dari produk tersebut.

Baca Juga: Tips Membuat Brand Sendiri

Beberapa pengusaha di luar sana berfikir bahwa kualitas sebuah produk dan cara pemasaran lebih diutamakan untuk meningkatkan penjualan daripada fokus pada packing produk. Padahal salah satu senjata ampuh dalam pemasaran adalah kemasan produk. Oleh karena itu, anda wajib memilih strategi pengemasan yang tepat saat melakukan desain kemasan.

Strategi Kemasan Produk

Strategi Packaging Produk terbaik

Dalam membuat sebuah kemasan produk, faktor keamanan dan kenyamanan adalah hal pertama yang wajib dipastikan. Tapi, untuk mendukung pemasaran produk maka kemasan yang aman dan nyaman tidaklah cukup. Anda wajib memiliki sifat unik agar bisa dengan mudah dikenali dan meninggalkan kesan mendalam bagi konsumen. Oleh karena itu, anda bisa mengikuti beberapa tips kami dibawah ini.

1. Gunakan Desain yang Sederhana

Jika anda berniat membuat sebuah kemasan yang baik dan menarik, maka salah satu hal yang harus diperhatikan adalah desain kemasannya. Anda harus membuat desain yang simpel tapi juga bisa menarik perhatian orang. Jangan sampai membuat desain yang terlalu rumit karena kesan yang ditampilkan akan membuat konsumen anda kebingungan.

Buat desain kemasan produk yang mudah untuk dibawa dan juga mudah untuk dikonsumsi para konsumen. Jangan lupa, walaupun kemasan anda simpel tapi juga harus ada unsur uniknya yah.

2. Gunakan Warna yang Cerah dan Berbeda

Membuat sebuah kemasan produk yang menarik dan unik biasanya juga didukung denga pilihan warna yang cerah dan berbeda. Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu pada kompetitor yang memiliki produk serupa. Perhatikan warna-warna yang biasanya digunakan oleh produk mereka dan mulailah untuk menentukan warna yang berbeda untuk produk anda.

Warna yang cerah biasanya menjadi salah satu pilihan yang tepat karena terkesan mencolok dan berbeda. Terutama ketika produk diletakan bersamaan dengan produk lain di etalase toko ataupun rak toko.

Baca Juga: Cara Membangun Personal branding

3. Manfaatkan Gambar yang Menarik

Strategi Packaging Produk selanjutnya adalah dengan memanfaatkan gambar yang menarik. Kita tahu sendiri bahwasanya orang Indonesia cenderung lebih mudah menerima sesuatu yang berbau visual oleh karena itu menambahkan gambar agar lebih menarik minat pembeli. Sebenarnya gambar tidak harus berkaitan dengan produk anda.

Mungkin anda bisa menambahkan gambar-gambar lucu atau karikatur yang secara tidak langsung masih terkait dengan pencitraan produk.

4. Gunakan Kemasan dengan Bahan Berbeda dan Terjangkau

Strategi Kemasan Produk yang terakhir ini adalah dengan menggunakan kemasan yang berbeda dan pastinya terjangkau. Tentunya ini untuk menhemat dana tanpa harus meninggalkan kesan kemasan produk yang unik dan berbeda. Anda bisa menggunakan bahan packaging dari kertas daur ulang atau lainnya selama itu aman dan tidak mempengaruhi kualitas produk anda.

Itulah beberapa Strategi Packaging Produk yang mungkin bisa anda lakukan untuk kemasan produk anda. Untuk mendukung proses pembuatan kemasan ini, anda tidak boleh lupa untuk menghitung biaya anggaran yang diperlukan selama proses berlangsung. Mulai dari pembuatan desain, pengadaan material, hingga proses produksinya.