Mungkin SEO sangat identik dengan blog ataupun website. Tapi, percayakah anda bahwa SEO ini bisa di terapkan pada platform Youtube? Jika anda ingin tahu caranya, maka anda wajib menyimak Tutorial SEO Youtube dari kami yang tentunya sudah terbukti. Belum lagi, kami menerima beberapa orderan dari Youtube ini.

Tutorial SEO Youtube

Tutorial SEO Youtube

Youtube sendiri memiliki SEO yang bisa kita maksimalkan untuk mendapatkan peringkat pertama pada halaman pencarian youtube. Belum lagi, youtube merupakan mesin pencari terbesar setelah Google. Algoritma yang diterapkan pada youtube untuk menentukan video bisa di halaman pertama memang agak berbeda dengan website atau blog yah.

Baca Juga: Cara Mendapatkan 4000 Jam Tayang

Dengan menerapkan SEO yang benar pada channel youtube anda, maka anda bisa berpeluang untuk mendapatkan jumlah penonton yang lebih banyak. Untuk bisa membantu anda yang baru saja membangun channel youtube, kami sudah menyiapkan panduan untuk Belajar SEO Youtube terbaru yang bisa anda aplikasikan pada channel anda.

Tutorial SEO Youtube Termudah

Hingga saat ini youtube masih menggunakan kata kunci sebagai salah satu cara untuk bisa menemukan sebuah video. Agar mereka bisa menemukan video yang anda buat, anda bisa mengikuti beberapa tutorial yang sudah kami tuliskan dibawah ini. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja kita simak bersama.

1. Riset Kata Kunci

Dalam membuat sebuah video, melakukan riset merupakan hal yang paling penting. Jangan sampai anda sudah membuat sebuah video dengan kualitas bagus tapi tidak ada penonton yang mencarinya. Tentunya ini akan sia-sia dan pastinya membuat kita malas untuk melanjutkan berbagi video. Oleh karena itu, sebelum anda membuat sebuah video selalu lakukan riset kata kunci terlebih dahulu.

Untuk melakukan riset kata kunci ini, anda bisa melakukannya secara manual di search youtube itu sendiri. Atau jika mau, anda bisa menggunakan beberapa tools gratisan seperti ubbersuggest atau google trends untuk melihat kata kunci yang banyak pencariannya.

2. Buat Video Berkualitas

Setelah anda sudah melakukan riset dan mendapatkan banyak kata kunci dengan pencarian yang banyak, maka langkah selanjutnya adalah membuat video yang berkualitas. Selain kualita video yang bagus, anda juga wajib memperhatikan audio, teknik pengambilan gambar, dan editing yang bagus.

Jangan lupa juga untuk konten pada video harus bisa menarik penonton. Ini akan membuat penonton anda bisa kembali lagi dan bisa mendapatkan subscriber hanya dari menonton video anda.

Baca Juga: Cara Menambah Subscriber Youtube Aman

3. Menentukan Judul dan Deskripsi

Tutorial SEO Youtube pemula

Untuk penulisan judul pastinya anda harus bikin semenarik mungkin yang bisa membuat orang mau menonton video anda. Kita tahu sendir, masyarakat Indonesia suka dengan hal yang membuat mereka penasaran. Tapi, jangan sampai anda melukan teknik SEO youtube itu sendiri yaitu dengan membuat judul yang tetap mengandung kata kunci.

Anda bisa menggunakan kata kunci pada judul dan deskripsi agar video anda bisa tampil di mesin pencari youtube. Jangan membuat judul yang mengandung clickbait, yang mana judul dan isi videonya berbeda yang pastinya akan membuat penonton kecewa.

4. Rutin Update Video

Sama halnya dengan website, channel yang anda bangun juga wajib melakukan update rutin. Dengan cara ini, para subscriber aka datang dengan sendirinya dan rela menunggu video baru dari channel milik anda.

Mungkin itulah beberapa Tutorial SEO Youtube yang bisa kami sampaikan. Semoga apa yang kami berikan ini bisa bermanfaat untuk anda yang sedang membangun channel youtube. Jangan lupa untuk selalu update video yang memiliki kualita baik yah.